Dapat Hibah 'Odong-odong' Listrik dari Konglomerat Tahir, Gibran: Buat Wisata Keliling Solo

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo mendapatkan hibah delapan mobil listrik dari Tahir Foundation. Mobil listrik ini rencananya akan digunakan sebagai mobil wisata untuk berkeliling kota Solo.

Serah terima mobil listrik ini dilakukan di Pendhapi Gede Balai Kota Solo dari Pemilik Tahir Foundation Dato Sri Tahir pada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (15/10/2021).

Gibran mengatakan saat ini mobil listrik berbentuk seperti odong-odong tersebut masih dalam tahap uji coba. Mobil ini rencananya akan menjadi sarana untuk eksplorasi kota Solo, khususnya untuk eksplorasi wisata.


”Kami sudah siapkan rutenya. Sekarang tinggal nunggu plat nomernya,” kata Gibran usai penyerahan.

Delapan mobil listrik dengan nilai nominal Rp 1,4 Miliar ini rencananya akan digunakan untuk eksplorasi Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Saat ini Pemkot Solo masih menguji cobakan mobil listrik ini.

”Sekarang kita gratiskan dulu, lihat animo masyarakat. Ke depannya kita kenakan tarif,” katanya.

Mobil listrik yang dapat dinaiki sekitar delapan orang ini diklaim lebih ramah lingkungan. Rencananya mobil listrik ini juga diharapkan mendukung transportasi wisata lainnya seperti Sepur Kluthuk Jaladara dan Bus Tingkat Werkudara.

Sementara itu Pemilik Yayasan Tahir Dato Sri Tahir mengatakan pemilihan Solo sebagai kota yang mendapat hibah ini dikarenakan latar belakang masa lalu dirinya. Ia mengaku sejak kecil sering berkunjung ke Solo karena ibunya orang asli Solo.

”Jadi saya sejak kecil sudah terbiasa dengan Solo. Saya sering ke Kolam Renang Tirtomoyo dan tempat lainnya,” ucapnya.

Ia mengatakan untuk mobil listrik dengan bentuk ikonik tersebut baru disalurkan di Kota Solo. Mengenai kemungkinan penambahan armada produksi China tersebut, akan dilihat bagaimana animo masyarakat.

”Seperti Mas Wali, dilihat dulu animo masyarakatnya, kami sih siap (menambah armada),” katanya.

Tag: gibran rakabuming raka konglomerat dato sri tahir Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Bagikan: