Teman Bus Akan Hadir di Makassar, Rencananya Bakal Digratiskan untuk Penumpang

| 21 Oct 2021 12:14
Teman Bus Akan Hadir di Makassar, Rencananya Bakal Digratiskan untuk Penumpang
Ilustrasi Teman Bus

ERA.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi rencananya akan hadir di Makassar, Sulawesi Selatan untuk meluncurkan program Teman Bus layanan BRT dengan pola Buy The Service (BTS) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Transportasi Mamminasata Prayudi Syamsibar, di Makassar, Rabu (20/10/2021), mengatakan masih terus berkoordinasi dengan pihak kementerian terkait agenda tersebut.

"Kita terus berupaya dan sementara berkoordinasi (kesediaan Menhub)," katanya.

Soal kapan waktunya, belum ada informasi yang lebih detail. Dirinya mengaku, saat ini hal tersebut masih dipersiapkan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Arafah mengatakan, Teman Bus BTS akan melayani empat koridor di Makassar.

Empat koridor itu yaitu bandara ke mall Panakkukang, bandara ke pelabuhan, pelabuhan ke Terminal Malengkeri, serta dari Kampus Salodong ke Kampus Politeknik di BTP dengan kapasitas bus 24 shit.

Bus baru yang didatangkan dari jakarta ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai 10 malam.

"Operasionalnya mulai jam 5 pagi sampai jam 10 malam, semua bus baru didatangkan dari jakarta yang diurus oleh Kemenhub. Teman bus ini masih gratis dulu, kemudian nanti dilihat perkembangannya, kita harap gratis sampai tahun depan,"tuturnya.

Muhammad Arafah juga mengaku Teman Bus ini akan memanfaatkan halte yang telah ada. "Haltenya memanfaatkan halte lama dan bisa saja di tempat lainnya, kita buatkan stiker dan ditempel saja," jelasnya.

Rekomendasi