Sudah Dipukuli Kapolres Nunukan, Brigadir SL Kini Muncul ke Publik: Maaf, Komandan...

| 26 Oct 2021 12:53
Sudah Dipukuli Kapolres Nunukan, Brigadir SL Kini Muncul ke Publik: Maaf, Komandan...
Brigadir Sony yang dipukuli oleh Kapolres Nunukan, AKBP Syaiful.

ERA.id - Kasus video viral Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar yang menghajar bawahanya dengan sadis yakni Brigadir SL atau Sony L, memasuki babak baru.

Belakangan, usai jadi korban kekerasan oleh atasannya, kini ia meminta maaf. Kemurahan hati polisi berpangkat brigadir ini memang patut diacungi jempol.

Lewat sebuah video, Sony meminta maaf secara terbuka. Bukan karena ia merasa menjadi korban, melainkan ia mengaku turut andil dalam insiden yang merugikan citra kepolisian tersebut.

Toh diketahui, rekaman video yang memperlihatkan kekejaman AKBP Syaiful, diviralkan oleh Sony dan dikirim ke group TIK Polda Kaltara dan group letting bintara. Setelahnya, Polda Kaltara langsung memeriksa Sony karena melanggar kode etik kepolisian.

"Saya memohon maaf atas video yang beredar. Pada saat mengupload video tersebut, tidak berpikir dengan jernih. Saya menyesal, saya membenarkan tidak melaksanakan perintah pimpinan."

"Setelah kejadian tersebut, saya langsung menghadap pak kapolres Nunukan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan. Komandan mohon ijin, mohon maaf sebesar-besarnya," tutur Sony.

Untuk diketahui, Sony kini diperiksa oleh Bid Propam Polda Kalimantan Utara (Kaltara), usai menyebarkan video yang menunjukkan brutalnya AKBP Syaiful.

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Utara (Kaltara) Kombes Pol Budi Rachmad menjelaskan, Sony bertugas di TIK Polres Nunukan tidak melaksanakan tugas dengan baik, saat gangguan jaringan "zoom meeting", ia tidak ada.

Saat itu, AKBP Syaiful tengah mengikuti kegiatan acara puncak Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) secara zoom meeting dengan Mabes Polri dan Polda Kaltara.

"Saat gangguan jaringan zoom meeting yang bersangkutan (Brigadir SL) tidak ada. Ditelepon tidak diangkat," ungkap Kombes Budi.

Sementara itu, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono telah menerbitkan Sprint penggantian Kapolres Nunukan AKBP SA yang diberhentikan dari jabatannya sebagai sanksi berat atas kejadian tersebut.

Kapolda Kaltara menunjuk AKBP Ricky Hadiyanto yang menjabat sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Kaltara sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolres Nunukan, tertanggal 25 Oktober 2021.

Rekomendasi