Viral Video Ustaz Nasihin Lawan Begal 'Settingan' di Lampung, Diperiksa Polisi Langsung Minta Maaf

| 28 Oct 2021 15:51
Viral Video Ustaz Nasihin Lawan Begal 'Settingan' di Lampung, Diperiksa Polisi Langsung Minta Maaf
Ustaz Nasihin (Dok. Polda Lampung)

ERA.id - Seorang pria di Lampung yang dikenal sebagai Ustaz Nasihin viral di media sosial setelah mengunggah video ia mempunyai ilmu kebatinan dalam menghadap begal.

Namun, belakangan ia mengakui video dibegal merupakan rekayasa. Dia mengaku tak menyangka akan menjadi heboh.

"Hasil pemeriksaan itu rupanya sifatnya untuk memberikan edukasi dan juga bersifat hiburan, jadi dia bilang gitu. Dalam arti kata, dia ingin melakukan edukasi ke masyarakat, dia tidak nyangka akan berdampak dan berefek seperti ini," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Kamis (28/10/2021).

Kepada polisi, Ustaz Nasihin mengaku video itu untuk meningkatkan followers atau subscribers. Dalam klarifikasi itu, ada 4 orang yang diperiksa polisi termasuk para begal settingan.

"Pemeriksaan yang sudah dilakukan itu udah 4 orang termasuk diri dia, cameraman, dan 2 orang yang jadi stuntman peraganya," sambung Pandra.

Ustaz Nasihin akhirnya meminta maaf atas video tersebut. Di hadapan polisi Ustaz Nasihin mengak menyesal telah embuat gaduh.

"Dia menyampaikan permohonan maaf dan juga dia mengakui video itu bukan kejadian sebenarnya yang terjadi di wilayah Provinsi Lampung, dan juga dia permohonan maaf ini dari hati yang paling dalam, bahwa ini mohon maaf akan mempengaruhi terhadap rasa bangga masyarakat Lampung selama ini kan jadi takut gara-gara begal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Polda lampung meminta pemilik akun YouTube tersebut, untuk membuat pernyataan dan tidak mengulangi kembali mengunggah video serupa. Jika kembali mengulangi, sanksi hukum terhadap pemilik maupun pembuat konten video dapat dijerat dengan UU ITE serta terancam pidana selama 1 tahun kurungan penjara.

Rekomendasi