Besok, 180 SD Kota Tangerang Jalankan PTM Tahap Kedua

| 31 Oct 2021 22:30
Besok, 180 SD Kota Tangerang Jalankan PTM Tahap Kedua
Kegiatan PTM di Tangerang (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Sebanyak 180 Sekolah Dasar di Kota Tangerang bakal menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahap kedua pada Senin (01/11/2021).

Pada Tahap pertama, ada 45 Sekolah Dasar (SD) yang telah melaksanakan PTM pada (25/10/2021).

Kepala Bidang SD untuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang, Helmiati mengatakan sekolah tersebut lolos verifikasi yang dilakukan pihaknya berdasarkan syarat yang telah ditetapkan.

Sekolah tersebut, kata dia, telah melewati assesment, pengecekan protokol kesehatan dan memastikan para orangtua siswa telah divaksinasi covid-19.

"Maka, 180 SD ini telah ditetapkan atau diperbolehkan menggelar PTM Terbatas di tahap 2 ini. Totalnya, 225 SD dari 448 sekolah di Kota Tangerang telah PTM terbatas," ungkap Helmiati, Minggu (31/11/21).

Ia pun menjelaskan, pantauan pada PTM tahap satu masih banyak anak-anak yang tegang, takut atau tak terbiasa dengan aktivitas sekolah yang ketat akan protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Helmiati pun mengimbau para guru atau sekolah untuk bisa berkreasi memberikan suasana sekolah yang menyenangkan sehingga anak-anak terbiasa dengan aturan baru itu.

"Bisa saja guru atau sekolah di waktu-waktu tertentu nyalain lagu menggunakan speaker, lakukan senam bersama atau nyanyi bersama. Bebas saja sebenarnya, yang penting anak-anak senang di sekolah, tapi protokol kesehatan tetap terjaga," tutup Helmiati.

Diketahui, PTM SD ini dilakukan secara bertahap dan terbatas. Setiap kelasnya pada PTM ini hanya diisi oleh 50 persen dari jumlah murid saja, sementara sisanya menjalankan secara daring.

Untuk mengantisipasi hadirnya klaster di sekolah, Dindik Kota Tangerang mewajibkan setiap sekolah yang hendak melakukan PTM untuk membentuk Satgas Covid-19.

Disdik juga telah mengkukuhkan anggota satgas Covid-19 tingkat kelas, yang dimana anggotanya merupakan peserta didik.

Mereka dikukuhkan pada Jumat (01/10/2021) lalu oleh Walikota Tangerang Arief Wismansyah.

Rekomendasi