Warga Depok, Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Beberapa Hari ke Depan, Waspadai Dampaknya

| 02 Nov 2021 10:15
Warga Depok, Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Beberapa Hari ke Depan, Waspadai Dampaknya
Ilustrasi pohon tumbang (Dok. Antara)

ERA.id - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok di Provinsi Jawa Barat mengimbau warga untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem, termasuk kemungkinan pepohonan tumbang saat angin kencang datang.

"Waspada cuaca ekstrem yang akan terjadi beberapa hari ke depan karena berpotensi membuat pohon tumbang," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok Indra Kusuma sebagaimana dikutip dalam keterangan pemerintah di Depok dikutip dari Antara, Selasa (2/11/2021).

Ia mengatakan bahwa kondisi cuaca ekstrem juga bisa menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Menurut prakiraan BMKG, selama periode 31 Oktober sampai 6 November 2021 hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi turun di wilayah Indonesia.

Rekomendasi