Sedih, Pohon Tumbang Timpa Rumah Wari di Madiun, Dapur dan Dua Kamar Rusak

| 02 Nov 2021 11:27
Sedih, Pohon Tumbang Timpa Rumah Wari di Madiun, Dapur dan Dua Kamar Rusak
Sejumlah warga dan petugas melakukan gotong royong membersihkan bangunan rumah yang roboh akibat tertimpa pohon tumbang di Desa Wonoasri

ERA.id - Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur mengakibatkan pohon tumbang dan merusak rumah warga di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonosari.

Informasi diterima, Selasa (2/11/2021), rumah warga yang rusak itu milik Wari Setyorini (45) akibat tertimpa pohon besar di belakang rumahnya setelah hujan deras terjadi dalam waktu cukup lama di wilayah Kabupaten Madiun.

Pohon tumbang tersebut mengenai bagunan rumah dan menjebolkan dinding dapur, dua kamar, dan gudang rumah Wari Setyorini.

"Kemarin itu hujan deras disertai angin. Tiba-tiba terdengar suara keras mengenai genteng rumah. Saya langsung mengambil adik keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar Dian Amelia, anak dari Wari kepada wartawan di Madiun, Senin (1/11/2021).

Pihaknya bersyukur karena sempat menyelamatkan sehingga tidak tertimpa runtuhan bangunan rumah. Kini, ia dan keluarganya mengungsi ke rumah saudara yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Camat Wonoasri Heri Kurniawan mengatakan kerusakan rumah warga akibat tertimpa pohon tumbang dan angin kencang tersebut cukup parah.

"Kerugian material akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut," kata Camat Heri.

Hingga Senin siang, sejumlah warga dibantu petugas Koramil dan Polsek setempat bergotong royong membersihkan bangunan rumah yang roboh dan kayu pohon.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas BPBD Kabupaten Madiun guna penanganan korban bencana lebih lanjut

Ia menjelaskan, wilayah Kecamatan Wonoasri di Kabupaten Madiun saat musim hujan sering terjadi angin puting beliung.

Selain itu, juga sejumlah wilayah, yakni Pilangkenceng, Balerejo, Madiun, Sawahan, Wungu, Kebonsari, Geger, dan beberapa lainnya.

Terlebih memasuki musim hujan akhir tahun 2021, BMKG telah memberikan informasi bahwa curah hujan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya akibat dampak dari fenomena La Nina.

Warga sekitar di daerah rawan bencana hidrometeorologi diharapkan waspada saat hujan deras mengguyur kawasan setempat yang disertai angin kencang.

Rekomendasi