Momen Putri Bungsu Keraton Yogya Kunjungi Petilasan Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan

| 02 Nov 2021 21:35
Momen Putri Bungsu Keraton Yogya Kunjungi Petilasan Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan
GKR Bendara menyerahkan sumbangan di rumah juru kunci Merapi, alm Mbah Maridjan, Selasa (2/11). (Dok. GKR Indonesia)

ERA.id - Putri Bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengunjungi petilasan kediaman juru kunci gunung Merapi, Alm. Mbah Maridjan.

Kedatangan GKR Bendara ini guna menyerahkan bantuan sembako dari hasil donasi lelang lukisan yang digalang Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia.

Kedatangan GKR Bendara disambut juru kunci Gunung Merapi Mas Kliwon Suraksohargo Asihono, Dukuh Kinahrejo Ramijo, aktivis lingkungan Bambang Kotir, anggota relawan Pakumas serta puluhan warga Kinahrejo.

Saat itu, tampak pula belasan wisatawan lava tour menaiki sejumlah kendaraan jip terbuka yang melihat-lihat petilasan kediaman Mbah Maridjan yang memajang benda-benda terdampak erupsi Merapi tahun 2010 silam.

Saat bertemu warga, GKR Bendara mengungkapkan kegembiraannya kawasan Merapi mulai pulih dan ramai dikunjungi wisatawan. Menurutnya, sejak PPKM diturunkan hingga level II kunjungan wisatawan ke Yogyakarta melonjak hingga 300 persen. Tingkat okupansi hotel-hotel juga mulai pulih seperti sebelum pandemi.

Kondisi ini menurutnya cukup positif untuk menggerakkan perekonomian masyarakat DIY yang sebagian menggantungkan diri dari jasa industri pariwisata. Meski demikian, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah BPPD DIY ini meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.

GKR Bendara juga berjanji untuk membantu vaksinasi untuk anak-anak usia 6 - 11 tahun yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kami masih menunggu konfirmasi resmi dari otoritas terkait. Semoga dalam waktu dekat bisa segera dilakukan dan GKR Indonesia akan membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak. Sehingga semua orang dapat semakin terlindungi," ungkapnya.

Mas Kliwon Suraksohargo Asihono mewakili warga Kinahrejo mengungkapkan rasa syukur  dikunjungi GKR Bendara. Pihaknya menyampaikan terima kasih atas perhatian para seniman yang peduli terhadap masyarakat Kinahrejo dan Pangukrejo.

Pegiat senirupa Kuss Indarto yang turut hadir turut menyatakan kegembiraannya bahwa kalangan seniman dapat bersinergi dalam rangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Mewakili kalangan perupa, Kuss mengungkapkan siap mendukung setiap gerakan kemanusiaan di Yogyakarta.

Rekomendasi