Hadiri Nikah Massal Syar'i Ponpes, Gubernur Edy: Pakaiannya Sama Semua, Takutnya Ketukar

| 15 Nov 2021 15:13
Hadiri Nikah Massal Syar'i Ponpes, Gubernur Edy: Pakaiannya Sama Semua, Takutnya Ketukar
Gubernur Edy Rahmayadi mengucapkan selamat kepada 11 pasangan Nikah Mubarak di Sumut (Dok.Pemprov Sumut)

ERA.id - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi heran dengan pelaksanaan nikah massal Syar'i yang digelar Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Tanjungmorawa di Desa Bandarlabuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Pasalnya, Edy baru pertama kali menghadiri nikahan massal yang digelar secara Syar'i. Dia bahkan heran melihat 11 pasangan yang mengenakan pakaian yang sama saat pernikahan.

"Semua pakai masker, pakaiannya juga sama semua, saya takut nanti malah ada yang tertukar pasangan," kata Edy Rahmayadi sambil tertawa kecil usai menghadiri nikah massal, Minggu.

Edy berharap rumah tangga 11 pasangan yang Menikah Mubarak Hidyatullah itu mendapat keberkahan sakinah mawadah warahmah.

"Menikah dengan anjuran Nabi, insya Allah, berkah, menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah. Namun, bukan hanya sesuai syariat tetapi juga syah secara hukum di negara kita," tambah Edy.

Kegiatan nikah massal syar'i ini rutin dilaksanakan di semua cabang Ponpes Hidayatullah. Tenaga pengajar dari semua cabang Ponpes yang sudah dewasa dan berkomitmen menikah mengikuti kegiatan nikah massal syar'i ini, yang lebih dikenal dengan nama Menikah Mubarak.

Menurut keterangan salah satu peserta Nikah Mubarak Hidyatullah Arifin Ramadhanil, mempelai pria berasal dari berbagai daerah, sedangkan mempelai wanita berasal dari Sumut. Rata-rata mereka berusia 25-24 tahun dan merupakan da'i dan guru Alqur'an di Ponpes Hidyatullah.

"Ada yang dari Jakarta, Batam, Riau, Kepulauan Riau, dari cabang-cabang Hidayatullah. Setelah ini kita akan bertugas untuk dakwah ke berbagai daerah," kata Arifin, yang menikah dengan Siti Maryam Cibro.

Terlihat wajah-wajah bahagia dari pasangan Menikah Mubarak Hidyatullah saat Edy Rahmayadi menyapa mereka.

Rekomendasi