Penampakan Belasan Kapal Nelayan di Tegal Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

| 17 Nov 2021 18:43
Penampakan Belasan Kapal Nelayan di Tegal Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya
Sisa kebakaran kapal di Tegal (Dok. Polres Kota Tegal)

ERA.id - Polres Tegal Kota melakukan penyelidikan terkait kebakaran di dua galangan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama (TSU) dan CV Sumber Pangan Tegal di Kelurahan Mintaragen , Tegal Timur, Kota Tegal, Rabu (17/11/2021).

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menerangkan pihak kepolisian masih mengadakan olah TKP terkait kepentingan penyelidikan.

"Adapun saksi terkait kejadian yang sudah dimintai keterangan berjumlah empat orang," kata Iqbal, Rabu (17/11) sore.

Berdasar keterangan Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT), kapal-kapal itu tercatat dimiliki sembilan orang.

"Jumlah keseluruhan ada 13 Kapal yang terbakar dari 9 pemilik," jelas Iqbal.

Sejauh ini, api sudah padam namun masyarakat tetap dilarang mendekat ke lokasi.

Iqbal juga menjelaskan petugas pemadam sempat kesulitan untuk memadamkan api karena jarak antar kapal berdekatan dan tidak ada akses keluar. Lokasi kebakaran juga sulit dijangkau mobil pemadam.

"Mobil pemadam kebakaran yang terlibat ada 8 kendaraan dari Tegal Kota, Tegal Kabupaten, dan Brebes. Bahkan, mobil pemadam kebakaran sampai lima kali bolak-balik ambil air," ungkapnya.

Terkait awal mula kebakaran, Iqbal menerangkan bahwa polisi masih menggali sejumlah bukti tambahan. Namun berdasar keterangan seorang saksi bernama Toha, 50, ia melihat api awalnya membubung dari sebuah kapal.

Tak lama kemudian dia mendekat namun api sudah membesar. Toha lantas melaporkan kejadian itu pada anggota jaga malam perusahaan.

"Selanjutnya mereka melaporkan ke Polsek kawasan pelabuhan yang langsung berkoordinasi dengan pemadam kebakaran," imbuh Kabidhumas.

Rekomendasi