Kesaksian Mantan Warga Lapas di Yogyakarta: Disabet Selang dan Ditelanjangi

| 18 Nov 2021 13:02
Kesaksian Mantan Warga Lapas di Yogyakarta: Disabet Selang dan Ditelanjangi
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Mata Najwa bersama Narasi baru saja menerbitkan liputan bertema 'Dugaan Pelecehan Seksual di Lapas-Disiksa di Penjara'.

Dalam wawancara langsung di televisi, Najwa meminta beberapa narasumber berbicara soal keadaannya saat jadi warga lapas.

Seorang anonim langsung diminta berbicara. Ia adalah seorang mantan warga Lapas Narkotik Kelas IIA Yogyakarta.

Alangkah mengejutkannya saat ia bilang, ia melihat kawan-kawannya disiksa oleh petugas dan dilecehkan secara seksual.

"Teman saya dikeluarkan, disuruh baris sambil disabeti pakai selang. Salah satu teman saya disuruh berdiri, ditelanjangi, terus disuruh onani pakai mentimun," ujar sosok anonim dalam video Youtube Mata Najwa yang dilihat ERA.id, Kamis (18/11/2021).

Belum jelas warga lapas yang mendapat siksaan itu berjenis kelamin apa. "Disuruh guling-guling lagi, terus disuruh berendam di kolam lele."

Saat itu Najwa bertanya, bagaimana awal dari kekerasan seksual itu. Maksudnya, mengapa hukuman itu bisa terjadi. Sontak, si anonim langsung menjawab bahwa perlakuan yang ia terima memang berlebihan.

"Petugasnya aja yang berlebihan. Saya sering lihat itu terjadi. Pemandangan sehari-hari saya begitu, kekerasan, pemukulan itu pemandangan saya sehari-hari mbak," tandasnya.

Rekomendasi