Viral Jadwal Kerja Disdukcapil Sleman Jadi Bahan Candaan, Bupati Kustini: Maturnuwun

| 18 Nov 2021 20:01
Viral Jadwal Kerja Disdukcapil Sleman Jadi Bahan Candaan, Bupati Kustini: Maturnuwun
Ilustrasi ktp (Wikimedia Commons)

ERA.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman jadi bahan lawakan netizen. Bagaimana tidak, di Google, jadwal kerjanya dicantumkan cuma dari pagi sampai siang.

Data digital tersebut diunggah oleh akun Twitter @prima_sulistya dengan keterangan mengeluh sebab ia hendak mengurus kartu keluarga (KK) baru.

"Jam pelayanan kantor pemerintah kok dari jam 8-12, bahkan jam 8-10. Lawak," cuitnya, Rabu (17/11/2021) yang dilihat ERA.id.

Cuitan ini ramai direspons netizen hingga disukai 32 ribu kali dan diretweet 8 ribu kali.

Walhasil, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pun turun tangan menjawab cuit Prima tersebut. "Sy membaca semua masukannya, sangat membantu. Maturnuwun," jawabnya.

"Jam kerja semua pegawai tetap sama, sampai sore, juga tidak WFH. Volume layanan tetap paling banyak se-DIY. Saat ini pelayanan Dukcapil Sleman diarahkan via online," cuit Kustini.

Saat dikonfirmasi media, Kustini pun menjelaskan lebih lanjut ihwal layanan Dukcapil tersebut, Kamis (18/11/2021).

"Memenuhi protokol kesehatan masa PPKM jam pelayanan tatap muka di Dinas Dukcapil memang dibatasi untuk mencegah kerumunan. Jam pelayanan kami umumkan di papan pengumuman Kantor Dinas Dukcapil dan Website Dukcapil.Slemankab.go,id. Jam Pelayanan Senin-Kamis, jam 08.00-12.00, Jumat Jam 08.00-11.00 WIB," kata dia secara tertulis.

Atas adanya komplain pada Pemkab Sleman, bahkan disebut sebagai "lawak", Kustini menyebut hal itu karena ketidaktahuan.

"Saya tidak melihatnya sebagai sebuah komplain, melainkan sebuah pertanyaan karena ketidaktahuan saja. Saya pribadi juga telah merespons secara langsung di tweet tersebut, yang dipermasalahannya juga sudah tertangani," katanya.

Menurutnya, Dukcapil Sleman sangat terbuka terhadap semua masukan yang membangun.

"Selanjutnya dinas akan kami minta untuk menguatkan lagi penyebaran segala informasi baik secara tradisionil yaitu mulut ke mulut ataupun melalui media massa dan sosial. Jam pelayanan mulai Senin, tanggal 22 November 2021 akan ditambah durasinya yaitu Senin-Kamis jam 08.00-14.00," katanya.

Ia menyebut tidak semua komplain di medsos adalah aduan. Sebagian besar adalah konsultasi persyaratan pelayanan, masalah di layanan online, dan kendala-kendala masyarakat dalam mengurus adminduk.

"Di masa pandemi covid-19, semua pelayanan masyarakat yang tatap muka memang didorong melalui online. Jauh sebelum ada pandemi juga, beberapa pelayanan masyarakat sudah mulai diarahkan online,"

Saat ini saat dicek di website, jadwal layanan Dukcapil Sleman telah berubah. Pada hari Senin-Kamis, jam layanan kini dari jam 8 hingga jam 14, dan untuk Jumat hingga jam 11.

Rekomendasi