Luhut: Sirkuit Mandalika Bikin Ekonomi NTB 'Meroket' 5 Persen

| 22 Nov 2021 06:47
Luhut: Sirkuit Mandalika Bikin Ekonomi NTB 'Meroket' 5 Persen
Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai ekonomi Nusa Tenggara Barat akan tumbuh 5 persen sebagai dampak  kegiatan di Sirkuit Mandalika.

"Dengan adanya Sirkuit Mandalika, NTB akan menikmati dan nasional juga kebagian dan ekonomi NTB bisa tumbuh 5 persen, bahkan lebih," kata Luhut saat berkunjung ke Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Minggu (21/11/2021).

Menurut Luhut, digelarnya ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi NTB di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Sebab, dari gelaran seperti ini, para pelaku UMKM bisa terserap produk-produknya.

Sebab kata Luhut, dari 65 juta UMKM se Indonesia saat ini sudah ada yang on boarding sebanyak 17 juta UMKM. Untuk itu diharapkan akhir tahun 2024 lebih dari 30 juta atau sebagian dari jumlah UMKM di Indonesia bisa terserap hasil produknya.

"Untuk kelompok-kelompok UMKM khususnya di NTB di gelaran WSBK sudah pasti terserap produknya. Seperti disampaikan Pak Gubernur NTB dan Pak Menkop UKM bahwa produk-produk lokal UMKM di NTB terserap di even ini," ucapnya, seperti dikutip dari Antara.

"Juga kata gubernur, pelaku-pelaku usaha pariwisata seperti hotel, homestay seluruhnya fool booking tak ada yang kosong. Bahkan harganya tiga kali lipat. Termasuk penyewaan mobil dan lain-lainnya mendapatkan berkah dari WSBK ini sehingga ekonomi semuanya menjadi hidup," kata Luhut.

Untuk itu, Luhut meminta sesuai arahan Presiden Jokowi agar kegiatan seperti WSBK di Mandalika semuanya bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya

"Perlu diketahui kita lakukan betul-betul agar hasilnya bisa dinikmati dengan baik. Meski dalam COVID-19 yang sudah agak longgar, namun kita harus tetap waspada dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan baik," katanya.

Rekomendasi