Drainase di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika Ditambah, Yakin Tak Banjir Lagi?

| 13 Jan 2022 13:30
Drainase di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika Ditambah, Yakin Tak Banjir Lagi?
Lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Antara)

ERA.id - Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto menyatakan, drainase di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika akan ditambah dalam rangka antisipasi genangan air di dalam sirkuit maupun banjir di kawasan.

"Sehingga berita-berita yang kemarin itu viral, sirkuitnya banjir, kita antisipasi," kata Hadi dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis.

Kondisi dan kelayakan sirkuit jadi salah satu fokus pembenahan yang dikebut dalam waktu dekat.

Langkah ini diambil setelah mengevaluasi pelaksanaan World Super Bike (WSBK) pada 19--21 November 2021 lalu di lokasi yang sama, sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

"Pengerjaannya dibagi ke dalam tiga sistem tier," katanya.

Tier 1 adalah paddock area, kemudian tier 2 adalah lintasan sirkuit, dan terakhir tier 3 adalah area penonton.

"Penambahan drainase pun dilakukan, baik di bagian dalam maupun bagian luar sirkuit," katanya.

Bagian drainase di luar sirkuit diungkap Hadi telah selesai proses pengerjaan, termasuk membenahi Lagoon atau danau di pinggir laut.

"Lagoon akan kita kasih pompa air yang kecepatannya sekian kubik, sehingga jangan sampai terlambat, jangan sampai sudah menggenang dulu baru disedot," katanya.

Hal lain yang juga tak luput dari perhatian Hadi untuk diselesaikan adalah sarana pendukung di luar sirkuit, yaitu jalan penghubung menuju sirkuit, mulai dari bandara di Bypass sampai ke Mandalika, termasuk akses depan arena.

"Langkah ini dilakukan untuk menjamin kelancaran lalu lalang pihak yang berkepentingan di area-area tersebut," katanya.

Sempat diklaim anti banjir

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), ternyata pernah diklaim bakal anti banjir oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA).

PUPR yakin karena mereka mengandalkan pembangunan drainase di sekitar KEK yang bisa mengendalikan banjir. Adapun drainase tersebut dikerja mati-matian oleh PUPR.

"Kami kerja siang malam dan sekarang sudah posisi 98 persen. Mungkin 1-2 hari tuntas, karena tinggal perapihan saja," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai I Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Ditjen SDA, Sonny Iswanto, Jumat (5/11/2021) silam, dikutip dari Liputan6.

Dari sana ia menjamin, dengan adanya drainase pengendali banjir di KEK Mandalika, maka Sirkuit Internasional Mandalika untuk World Super Bike (WSBK) bisa terbebas dari banjir.

"Tanpa adanya drainase mungkin sirkuit ini tidak bermanfaat secara optimal, dengan adanya drainase ini, artinya bahwa kami sudah proteksi keamanan banjir," kata Sonny.

Namun sialnya, kenyataan berkata lain. Omongan PUPR jauh panggang dari api. Toh belakangan, area Sirkuit Mandalika banjir juga.

Rekomendasi