Gibran Kembangkan Pusat Ekonomi di Solo, Menteri Teten Masduki: Seperti Silicon Valley

| 07 Dec 2021 06:15
Gibran Kembangkan Pusat Ekonomi di Solo, Menteri Teten Masduki: Seperti Silicon Valley
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/Era.id))

ERA.id - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang membuat wadah bagi UMKM di Solo Techno Park.

Menurutnya, wadah yang dikembangkan di STP ini seperti Silicon Valley yang ada di San Fransisco, California, Amerika Serikat. 

”Saya yakin dan optimis tempat ini (STP) bisa melahirkan anak-anak muda yang kreatif dan brilian. Seperti di Silicon Valley, Amerika Serikat yang pada akhirnya bisa melahirkan Google. Mereka diberi wadah dan dihubungkan dengan mentor-mentor terpercaya,” kata Teten Masduki saat peresmian Shopee Solo Creative and Inovation Hub di STP, Senin (6/12/2021).

Dengan adanya wadah yang diberikan melalui Creativ Hub ini bisa mendorong agar UMKM, terutama dari kalangan muda untuk lebih berkembang. Apalagi kedepannya pemerintah mengembangkan kewirausahaan by design yang berbasis kreativitas dan teknologi.

”Dengan begitu UMKM kita bisa memiliki daya saing di pasar domestik dan pasar global,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan telah memiliki konsep matang untuk pengembangan STP. Namun ia mengakui tidak sepenuhnya menyadur Silicon Valley yang ada di San Fransisco, California, Amerika Serikat.  

”Enggak sih, tapi mirip-mirip. Sebab tidak melulu mengenai teknologi saja, tapi lebih fokus untuk menaikkan kelas UMKM dan mengangkat kelas UMKM,” ucapnya.

Dalam STP ini selain wadah untuk Creative Hub juga untuk teaching factory, trade center, inovation center, scient center, hingga islamic center. ”Pokoknya buat anak muda belajar, cari networking, pitching, cari investor dan banyak hal lain,” jelasnya.

Selama ini pemerintah sudah berusaha memberikan wadah bagi UMKM untuk mengembangkan kreativitasnya.  Melalui Creative Hub ini Pemkot Solo melibatkan berbagai perusahaan yang fokus untuk pengembangan UMKM dan digital.

”Di sini (STP) sudah ada SKK Migas, Petro Techno, Ralali, Shopee, Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan Mandiri. Makanya silahkan anak muda ke sini untuk mengasah kemampuannya. Sebab kami melibatkan unicorn dan betacorn dengan harapan anak muda bisa naik kelas,” katanya.

Rekomendasi