Momen Gibran Rakabuming Masuk Gereja Jelang natal, Pastikan Keamanan dan Protokol Kesehatan

| 16 Dec 2021 12:07
Momen Gibran Rakabuming Masuk Gereja Jelang natal, Pastikan Keamanan dan Protokol Kesehatan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambangi beberapa gereja di kota Solo jelang Natal. Beberapa gereja tersebut diantaranya Gereja Baptis Indonesia, Gereja GKI Kabangan, Gereja Santo Petrus Gendengan, dan Gereja Santo Paulus Kleco.

Gibran mengatakan persiapan gereja di Solo perayaan Natal sudah menyiapkan segala sesuatunya dan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan baik terkait penerapan protokol kesehatan.

"Pihak gereja sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik seperti menyiapkan kartu Misa untuk umatnya selama pandemi COVID-19," kata Gibran saat meninjau persiapan Perayaan Natal di Gereja Paroki Santo Paulus Kleco Solo, Kamis (16/12/2021).

"Hal ini, sudah berjalan sejak pandemi COVID-19. Yang jelas SOP di Gereja Paroki Santo Paulus Kleco sudah ketat sekali. Saya tadi melihat pengaturan kursi umat sudah ada tandanya dan disiapkan juga ruang kesehatan," kata Gibran.

Bahkan, pihak gereja juga menyiapkan fasilitas streaming untuk umat yang tidak enak badan, sehingga tidak perlu memaksakan diri datang ke gereja, tetapi cukup mengikuti Ekaristi Natal dari rumah.

Menyinggung soal keamanan pada perayaan Natal, kata Gibran, berkat ada dukungan dari Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Kepala Polresta Surakarta dipastikan kondisi aman semuanya. Yang jelas SOP di gereja-gereja sudah baik dan hal ini sudah diterapkan sejak pandemi COVID-19 hingga sekarang sehingga dapat berjalan lancar.

Gibran mengatakan soal papan kode batang Penduli Lindungi di gereja yang belum ada akan mengejar nantinya dipasang agar semuanya berjalan dengan baik dan warga masyarakat Kota Solo yang beribadah juga merasa nyaman.

"Kami pastikan semua aman, nyaman dan masalah COVID-19 sudah hampir tidak ada penambahan kasus lagi," katanya.

Selain itu, Gibran juga menyampaikan ke gereja-gereja untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun mulai divaksin, di Solo, pada Senin (20/12). Jadi semua aman, SOP tetap dilakukan dan diterapkan dengan baik.

Gibran yang didampingi Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono dan Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simannjutak, selain meninjau Gereja Paroki Santo Paulus Kleco, juga ke Santo Petrus Purwosari, Gereja Babtis Indonesia (GBI) Penumping, dan GKI Kabangan Solo.

Rekomendasi