Libur Nataru Semakin Dekat, Kota Bandung Perketat Akses Masuk Cegah Penyebaran Omicron

| 18 Dec 2021 21:00
Libur Nataru Semakin Dekat, Kota Bandung Perketat Akses Masuk Cegah Penyebaran Omicron
Ilustrasi arus mudik (Antara)

ERA.id - Mengantisipasi virus COVID-19 varian Omicron, Pemerintah Kota Bandung lakukan pengetatan sejumah ruas akses masuk Kota Bandung di beberapa titik.

Beberapa strategi agar mengurangi akses maksud tersebut, sudah diberlakukan secara rutin setiap akhir pekan, terutama kendaraan dengan plat luar kota.

Hal tersebut dikatakan, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dimana terdapat posko pemeriksaan di sejumlah tol masuk Kota Bandung, seperti Tol Pasteur, Buah Batu, Kopo dan Pasir Koja.

"Kita akan lakukan pengetatan akses masuk, selain tol, jalan yang menjadi rute masuk, seperti Bundaran Cibiru, Terminal Ledeng dan kawasan Cibereum, jumlah titik pemberlakuan ganjil genap ini sebanyak delapan titik," Jelas Yana di Bandung, Sabtu (18/12/2021).

Yana mengatakan saat ini ada 42 titik jalur masuk Bandung yang dilakukan pemantauan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan titik pemantauan tersebut akan ditambah jika libur natal dan tahun baru sudah dekat.  

"Kalau belajar dari pengalaman, mobilitas masyarakat Jakarta yang memiliki kebiasaan berlibur ke Kota Bandung, dalam kurung waktu 2 bulan ini tentu sangat perlu diperhatikan, karena adanya potensi penyebaran virus COVID-19 yang cukup tinggi, untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat Bandung, kembali mengetatkan prokes, mulai saat ini," tegas Yana.

Mekanisme penyekatan sendiri, dilakukan di jalan provinsi, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Aturan ini berlaku untuk seluruh kendaraan roda dua dan roda empat termasuk plat kendaraan dari luar Kota.

Rekomendasi