Libur Imlek Tidak Digeser, Kini Viral Acara Tahun Baru China Timbulkan Kerumunan di Mall Festival Citylink Bandung

| 03 Feb 2022 16:51
Libur Imlek Tidak Digeser, Kini Viral Acara Tahun Baru China Timbulkan Kerumunan di Mall Festival Citylink Bandung
Ilustrasi (Amalia/era.id)

ERA.id - Libur Tahun Baru Imlek 2022 atau 2573 Kongzili tidak digeser meski jatuh pada hari Selasa. Artinya, hari Senin lalu adalah hari 'kejepit.

Keputusan Libur Tahun baru Imlek alias Tahun Baru China telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 dan 4 Tahun 2021. Di sana diatur tentang hari libur nasional dan cuti bersama 2022.

Dalam SKB 3 menteri tersebut, Tahun Baru Imlek 2022 akan jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022. Tidak ada pergeseran hari libur terkait Tahun Baru Imlek.

Sebelumnya, pemerintah juga tidak melaksanakan libur bersama, meskipun pada hari Senin 31 Januari 2022 adalah hari kejepit.

Imbasnya, banyak kerumunan massa saat Imlek. Seperti halnya yang terjadi di Bandung, Jawa Barat.

Sebuah video kerumunan massa terjadi di Mall Festival Citylink Bandung dalam perayaan Hari Raya Imlek, Selasa (1/2).

Dalam video yang diunggah oleh akun twitter @KakaKeyo itu terlihat ribuan orang meramaikan acara atraksi Barongsai di mall tersebut.

"Pagi-pagi lihat grup ada beginian, sebel banget loh, nggak tau ini di mana belum ada konfirmasi. Fixed meledak lebih cepat nih 3rd waves," seperti dikutip lewat cuitannya yang diunggah pada Selasa (2/2).

Kerumunan yang terjadi lantaran ada pertunjukan barongsai saat perayaan. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Asep Ghufron mengatakan, Mal Festival Citylink Kota Bandung terancam disegel lantaran adanya kerumunan pengunjung pada acara atraksi Barongsai dalam memperingati perayaan Imlek.

"Betul, pada saat itu langsung dibubarkan. Sebetulnya itu mau tiga sesi, tapi jam pertama baru 10 menit kita bubarkan. Satu sesi rencananya 30 menit," kata Asep di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana, Kamis (3/2/2022).

Dia menjelaskan kalau pemerintah Kota Bandung, tidak pernah memberikan izin kepada tempat mana pun yang bisa menimbulkan kerumunan.

"Saat ini kami sedang melakukan evaluasi dengan satgas terkait, agar tidak bisa dibiarkan begitu saja," jelasnya.

Mengklarifikasi adanya kerumunan, pihak dari Festival Citylink angkat bicara, bahwa hal tersebut di luar dugaan. Marcomm Manager Festival Citylink Deni Setiawan, mengklaim kalau pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara, ementerian Agama (Kemenag) mengimbau agar selama Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili masyarakat tidak mudik dan melakukan kumpul bersama keluarga besar.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE.02 Tahun 2022. SE ini ditandatangani oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Kebijakan ini untuk antisipasi penyebaran kasus Covid-19, utamanya Omicron.

"Dengan mempertimbangkan peningkatan penyebaran Covid-19 yang signifikan dan munculnya virus baru Omicron yang sangat cepat menular, maka tidak dianjurkan untuk keluar kota dan/atau mudik," demikian bunyi SE Kemenag, Minggu (30/1).

Selain itu, Kemenag juga mengimbau agar masyarakat menghindari kerumunan sebisa mungkin. Termasuk meniadakan kebiasaan kumpul keluarga dalam jumlah besar.

Namun, perayaan Imlek tetap meriah. Kerumunan massa pun tak terhindarkan.

Rekomendasi