Lewat Pantura, Pemudik Nataru Dapat Ikuti Vaksinasi Drive Thru di Pekalongan

| 25 Dec 2021 22:30
Lewat Pantura, Pemudik Nataru Dapat Ikuti Vaksinasi Drive Thru di Pekalongan
Vaksinasi Drive Thru (Wawan Hananto/Era.id)

ERA.id - Polres Pekalongan menggelar Vaksinasi Drive Thru bagi pemudik Natal-Tahun Baru yang melintas di wilayah tersebut.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Pos Pelayanan Terpadu di kawasan International Batik Center (IBC) Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Warga yang melakukan perjalanan  melewati Pekalongan di jalur pantai utara atau Pantura itu pun bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dengan model layanan tanpa turun dari kendaraan tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi Drive Thru yang digelar Polres Pekalongan ini rencananya digelar selama 10 hari pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 selama Operasi Lilin Candi 2021.

Polres Pekalongan berharap vaksinasi ini dapat menjangkau para pendatang Nataru dari luar kota yang belum mendapat vaksin dosis pertama maupun kedua.

“Pemudik bisa singgah di jalur Pantura di IBC (Wiradesa). Di situ sangat potensial untuk warga yang nantinya mudik. Yang belum vaksin langsung bisa vaksin baik pertama maupun kedua. Adapun setiap harinya disediakan ratusan dosis vaksin," kata Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, Jumat (24/12/2021).

Arief menambahkan, semua pemudik bisa memanfaatkan vaksinasi drive thru tersebut. "Semua jenis vaksin kita siapkan. Jadi yang dari luar daerah bisa vaksin di drive thru nanti," katanya.

Bukan hanya melayani kendaraan pribadi, Pos Pelayanan Terpadu di kawasan International Batik Center (IBC) Wiradesa juga akan melakukan vaksin drive thru bagi penumpang bus umum. Masyarakat sekitar yang ingin vaksin di layanan vaksinasi drive thru juga akan dilayani.

Model vaksinasi ini cukup diminati masyarakat karena lebih mudah, cepat, serta menghindari kerumunan. Masyarakat dapat melakukan suntik vaksin sambil tetap duduk di dalam mobil atau kendaraan mereka.

"Tidak perlu antre lama. Tinggal tunjukkan kartu identitas KTP atau Kartu Keluarga (KK), nunggu antrean di dalam mobil dan tidak perlu kepanasan. Sedangkan untuk pengendara motor juga bisa langsung mengikuti vaksinasi tidak perlu turun dari motornya, karena petugas vaksinator akan menghampiri peserta vaksin di kendaraannya masing-masing untuk dilayani,” ungkapnya.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy menyampaikan apresiasi atas inovasi dari Polres Pekalongan tersebut.

"Vaksinasi Drive Thru ini merupakan salah satu bentuk penjabaran perintah Kapolda Jateng bahwa Operasi Lilin Candi 2021 merupakan kegiatan kemanusiaan yang dalam pelaksanaannya dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan," ujar Iqbal.

Rekomendasi