Kampung Jokowi Jadi Tuan Rumah Pertemuan G20, Gibran Janjikan: Nanti Banyak Event

| 31 Dec 2021 19:08
Kampung Jokowi Jadi Tuan Rumah Pertemuan G20, Gibran Janjikan: Nanti Banyak Event
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku siap menjadi tuan rumah acara Working Group Trade Invesment and Industry pada Presidensi G20.

Rencananya event tersebut akan diselenggarakan tahun depan.

Gibran mengaku sudah menyiapkan beberapa hal. Salah satunya yakni hotel yang akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan konferensi. Lebih jauh ia menjelaskan, Solo ditunjuk bersama dengan Yogyakarta dan Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini.

”Hal ini bagus sekali untuk pemulihan ekonomi di kota Solo,” kata  Gibran pada Jumat (31/12/2021).

Dalam kegiatan ini Gibran berencana melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Keterlibaran UMKM yakni untuk memproduksi souvenir maupun produk lainnya yang bisa digunakan sebagai buah tangan. Tentunya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan kurasi terhadap kualitas produk.

Rencananya untuk event yang akan diselenggarakan selama enam hari ini, empat hari akan digunakan untuk pertemuan. Gibran juga telah menentukan venue yang dapat dikunjungi oleh para tamu dalam pertemuan Working Group Trade Invesment and Industry pada Presidensi G20 ini.

”Kemarin Pak Dirjen (Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian RI Eko Cahyanto, red) telah memilih beberapa venue. Nanti akan kita tonjolkan venue tersebut, udah dipilih,” ucapnya.

Terkait venue yang akan dipamerkan, Gibran sendiri belum mau menjelaskan lebih jauh. Hanya dia mengungkap, akan mengangkat wellness tourism yang selama ini digadang untuk mengangkat sektor pariwisata di kota asal Presiden Joko Widodo itu.

”Nanti banyak event sebelum G20 itu,” ucapnya.

Rekomendasi