'Geliatkan' Ekonomi Solo, Gibran Janjikan Hingga Akhir Tahun Tak Sepi Event

| 27 Jul 2022 17:02
'Geliatkan' Ekonomi Solo, Gibran Janjikan Hingga Akhir Tahun Tak Sepi Event
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Selama beberapa waktu kota Solo menggelar berbagai macam event bertaraf nasional dan internasional. Event-event ini bertujuan untuk menggeliatkan kondisi ekonomi di kota Solo.

"Sudah membaik, sudah seperti normal (kondisi ekonominya)," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo Rabu (27/7/2022).

Ia menyebut sudah ada berbagai indikator perbaikan kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19. Di antaranya pasar-pasar sudah mulai menggeliat, restoran dan hotel okupansinya membaik hingga trafik di stasiun dan bandara sudah meningkat.

"Sudah kelihatan tingkat kemacetannya, perputaran ekonomi juga besar. Ini jadi indikator ekonomi membaik," katanya.

Namun menurut Gibran ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, yakni inflasi kota Solo yang tergolong tinggi. "Tapi nggak masalah, nggak apa-apa. Perputaran uang dan perputaran ekonomi makin menggeliat," katanya.

Salah satu pemicu pengembangan ekonomi di kota Solo ini membaik yakni banyaknya event nasional dan internasional di kota Solo. Untuk itu hingga akhir tahun Gibran menjanjikan akan terus ada event bertaraf nasional hingga internasional di kota Solo.

"Sampai akhir tahun nggak sepi, ada terus. Tenang aja, kita sudah kekurangan hotel," ucapnya.

Bahkan jika tidak ada event, ia berencana terus mencari. Meskipun saat ini ada event tahunan yang sudah ditentukan sesuai dengan kalender event.

"Makanya kita cari event baru, event nasional, event internasional," ucapnya.

Termasuk ia menjajikan akan ada event berskala besar yang digelar tiap bulan. "Tiap bulan ada (event) yang gede, tiap bulan ada yang baru. Kebanyakan event sport karena venue olahraga kita yang paling lengkap," ucapnya.

Sebagai informasi selama Gibran menjabat, ada beberapa event bertaraf internasional yang digelar di Solo. Salah satu yang sukses digelar yakni untuk salah satu kota yang menjadi tuan rumah G20 dan dalam waktu dekat menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

Rekomendasi