Viral Pemkot Solo Pasang Baliho di Jogja Karena Marak Klitih, Gibran: Pokoknya Promosi

| 03 Jan 2022 20:31
Viral Pemkot Solo Pasang Baliho di Jogja Karena Marak Klitih, Gibran: Pokoknya Promosi
Baliho Solo di Yogyakarta dok. Twitter

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui dirinya memasang baliho promosi wisata kota Solo di Yogyakarta. Foto baliho ini bahkan trending di Twitter beberapa waktu lalu.

Dalam baliho tersebut menggambarkan kartun orang yang tengah berwisata di depan Keraton Kasunanan Surakarta dan membawa ransel serta smartphone. Dalam baliho ini tertulis ‘Liburan Aman? Ke Solo Saja’.

Saat ditanya mengenai hal ini, Gibran mengatakan bahwa baliho tersebut sebagai ajang promosi wisata ke kota Solo. Namun saat ditanya apakah ada kaitan antara pemasangan baliho itu dengan maraknya klitih di Yogyakarta, Gibran menampik hal ini.

”Bukan karena ada klitih terus aku masang,” ucap Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (3/1/2022).

Promosi ini memang digalakkan oleh Gibran. Sebab hal ini sebagai upaya untuk mendongkrak pariwisata di kota Solo. Tak hanya melalui baliho, namun Gibran akan menggalakkannya melalui sosial media pula.

”Pokoknya promosi ke luar kota,” katanya.

Termasuk mempererat jalinan kerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah dilakukannya mulai beberapa waktu lalu. Selain memasang baliho, Gibran juga akan membuat follow up kerjasama dengan mengadakan event bersama.

”Kemarin saya juga mengusulkan branding di stasiun, soalnya KRL kita (Solo-Yogyakarta) kan ramai. Sudah saya bilang juga ke pak wali (Wali Kota Yogyakarta)," katanya.

Kerjasama ini juga akan bersifat saling menguntungkan. Sehingga Pemkot Yogyakarta juga mendapat kesempatan untuk promosi di kota Solo. ”Termasuk di Stasiun Solo Balapan yang juga (promosi) tentang wisata Jogja,” katanya.

Lebih lanjut, keduanya juga akan mengerjakan Solo Jogja Great Sale dan menyiapkan bundling paket wisata.

”kalau dalam waktu dekat ini ada event marathon, baru nanti Solo Jogja Great Sale, tapi masih kita bicarakan,” katanya.

Sebagai informasi sempat menjadi perbincangan warganet di Twitter foto yang diunggah oleh @sinemasisifus. Dalam akun tersebut dituliskan keterangan ‘Jogja: darurat klitih, Jogja tidak aman. Solo: pasang baliho di Jogja’.

Rekomendasi