Ahmad Susanto Tawarkan Sport Tourism Jika Jadi Ketua KONI Makassar

| 11 Jan 2022 18:50
Ahmad Susanto Tawarkan Sport Tourism Jika Jadi Ketua KONI Makassar
Ahmad Susanto (Dok. Ahmad)

ERA.id - Calon Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto, mengatakan memiliki misi mengembangkan dan mempopulerkan sport tourism atau wisata olahraga untuk meningkatkan pembinaan sekaligus sebagai daya tarik masyarakat.

Ahmad Susanto mengatakan itu dalam penyampaian visi dan misi saat resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua KONI Makassar periode 2022-2026 di Kantor KONI, Senin (10/1/2022).

"Jadi semua pengurus cabang olahraga harus memiliki minimal satu kalender event besar, sehingga dalam satu tahun itu sudah ada agenda olahraga yang terlaksana di Makassar," katanya.

Ia mengatakan, kalender event olahraga itu selanjutnya akan didaftarkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sehingga bisa menjadi perhatian nasional hingga internasional.

"KONI Makassar akan membuat kalender-kalender event yang menjadi bagian dari sport tourism. Kita akan daftarkan sehingga bisa mendapat perhatian luas," jelasnya.

"Jadi setiap bulan sudah ada agenda olahraga yang kita laksanakan. Artinya proses pembinaan akan terus berkelanjutan," sambung Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulsel itu.

Selain itu, dirinya juga memiliki misi untuk memperkenalkan olahraga ke sekolah-sekolah, sebagai upaya untuk mendapatkan atlet sejak usia dini.

Menurut dia, sekolah-sekolah sejauh ini pada dasarnya hanya memperkenalkan beberapa cabang olahraga khusus seperti sepak bola, futsal, basket, dan bela diri.

"Kami akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan dispora agar olahraga-olahraga yang lain yang punya potensi berprestasi, agar bisa dikembangkan di sekolah," ujarnya.

Pada saat pengambilan formulir hari ini, juga sudah terlihat upaya menggelorakan sport tourism, dengan penyambutan atraksi barongsai dari Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Makassar.

Ahmad Susanto hampir pasti terpilih secara aklamasi pada Musorkot KONI Makassar, 21 Januari 2022 setelah mendapatkan 36 dukungan dari 42 total suara yang diperebutkan.

Rekomendasi