Terungkap! Selain Korupsi dan Kerangkeng Manusia, Rumah Bupati Langkat Ternyata Juga Simpan Satwa Dilindungi

Tim Editor

Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin dan kerangkeng manusia di rumahnya. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan korupsi yang menjerat Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin telah menguak sejumlah fakta lain.

Selain kasus dugaan suap, terkuak fakta bahwa di rumah pribadi kepala daerah di Kabupaten Langkat itu terdapat kerangkeng atau penjara manusia. Sel yang dihuni puluhan orang itu disebut sebagai tempat rehabilitasi pecandu narkoba.

Teranyar, kembali terkuak sebuah fakta baru dari kediaman Terbit Rencana Peranginangin. Ternyata mantan bupati itu menyimpan satwa dilindungi.


Tak tanggung-tanggung, politisi partai Golkar itu memelihara beberapa satwa paling dilindungi.

Pelaksana harian Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah Sumatera Utara, Irzal Azhar membenarkan bahwa pihaknya melakukan penyitaan sejumlah satwa dari kediaman Terbit Rencana Peranginangin.

"Iya benar kita melakukan penggeledahan dan menyita beberapa satwa," kata Irzal Azhar, Selasa (25/1/2022).

Irzal mengatakan salah satu satwa yang disita dari kepala daerah berusia 40 tahun itu yakni Orangutan. Selanjutnya pihaknya juga menyita beberapa satwa lainnya seperti Kera Sulawesi dan burung.

"Untuk Orangutan saat ini sudah dievakuasi ke pusat karantina dan rehabilitasi Batu Mbelin, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kerangkeng ditemukan di rumah pribadi Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin, saat proses penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Organisasi Migrant CARE menduga kerangkeng tersebut digunakan untuk orang yang dipekerjakan di kebun kelapa sawit Terbit. Hal itu berdasarkan laporan yang diterima.

Migrant Care berencana akan membuat laporan ke Komnas HAM hari ini atas dugaan eksploitasi pekerja sebagai perbudakan modern.

"Iya benar, rencana kita akan buat laporan ke Komnas HAM atas dugaan eksploitasi pekerja," kata Siti Badriyah dari Migrant CARE saat dikonfirmasi.

Terpisah, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak membenarkan menemukan kerangkeng berisi manusia di rumah pribadi Bupati Langkat Terbit Rencana.

Hal itu diketahui saat petugas KPK melakukan penggeledahan di rumah Terbit dalam dugaan suap pada 18 Januari 2022 kemarin.

"Saat penggeledahan di rumah pribadi bupati Langkat, betul kita temukan yang menyerupai kerangkeng yang berisi manusia," kata Kapolda Panca di Medan, Senin (24/1/2022).

Panca mengatakan saat proses penggeledahan, ditemukan beberapa orang berada di dalam kandang besi tersebut.

"Saat penggeledahan ada ditemukan 3-4 orang dalam kerangkeng," pungkasnya.

Tag: viral bupati langkat kerangkeng manusia profil bupati langkat Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin

Bagikan: