Gembiranya Ma'ruf Amin Melihat Hasil Kerja Plt Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman

| 01 Feb 2022 18:05
Gembiranya Ma'ruf Amin Melihat Hasil Kerja Plt Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman
Wakil Presiden Ma'ruf Amin ditemani Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat memantau Mal Pelayanan Publik di Pemprov Sulsel, Senin (31/1/2022) kemarin. (Setkab)

ERA.id - Saat ke Makassar, Sulawesi Selatan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bergembira usai melihat hasil kerja Plt Gubernur Sulsel bersama jajarannya.

Ia bahagia usai tahu kalau usaha micro kecil menengah (UMKM) di Sulsel, meningkat pesat dan semakin beragam jenisnya.

Perasaannya itu diungkap langsung di depan Sudirman Sulaiman, saat Ma'ruf berkunjung ke Pemprov Sulsel untuk melihat Mal Pelayanan Publik dan pemberdayaan UMKM, Senin (31/1/2022) kemarin.

"Saya melihat potret UMKM di Provinsi Sulsel ini sangat menggembirakan," ucap Ma'ruf.

"Ini tercermin dari jumlah unit usaha UMKM Provinsi Sulsel (yakni) lebih dari 570 ribu unit pada sektor ekonomi pertanian, lebih dari 450 ribu unit pada sektor perdagangan, (dan) lebih dari 290 unit pada sektor jasa," tambahnya.

Sudirman yang mendengar itu, langsung menjelaskan jika jumlah UMKM di tahun 2021 sebanyak 1.565.134 usaha. Angka itu meningkat sebesar 24 persen dari tahun 2020 lalu.

Makanya Sudirman dan timnya terus berupaya meningkatkan kualitas melalui program pemberdayaan UMKM.

"Salah satunya peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk UMKM, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM," sebut Plt Gubernur Sulsel.

Soal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemprov Sulsel, Sudirman berdoa semoga kedepannya produk tersebut mempermudah, mempercepat, serta memberi rasa aman dan nyaman untuk masyarakat.

Dengan keberadaan MPP ini yang melayani 321 jenis perizinan dan non-perizinan dari 23 sektor OPD teknis, MPP juga mendekatkan pelaku usaha dengan sistem digital yang dapat memangkas biaya.

Sebagai gambaran, dengan pemanfaatan aset fisik yang sudah ada untuk mendukung MPP tersebut, maka dapat dilakukan efisiensi anggaran dari perencanaan Rp40 Miliar menjadi sekitar Rp400 juta.

Secara sederhana, MPP adalah tempat masyarakat mengurus administrasi kependudukan seperti akte kelahiran, kematian, kartu identitas anak, KTP; BPJS dsb.

"Kita berharap dengan kunjungan Bapak Wapres ini menjadi semangat bagi kita semua (pemerintah) untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang memudahkan masyarakat banyak." kata adik Amran Sulaiman ini.

Selain mendatangi Kantor Pemprov Sulsel, Ma'ruf Amin juga berkunjung ke kediaman keluarga Almarhum Sanunis Baco yang telah meninggal beberapa waktu lalu.

Turut hadir mendampingi Wapres RI, Plt Sekjen Kemendagri Suhajar Dewantoro, Deputi bidang usaha mikro Kementerian Koperasi dan UMKM Eddi Satrya, Setda Pemprov Sulsel, Forkompimda serta Walikota, Bupati se-Sulsel.

Rekomendasi