Banjir Barru Bikin Beberapa Rumah Hanyut, Plt Gubernur Sulsel Langsung Membantu

| 08 Mar 2022 10:07
BPBD Sulsel membantu korban banjir di Barru (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Buntut cuaca ekstrem di Sulawesi Selatan, membuat Kabupaten Barru dilanda banjir dan abrasi. Dari laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Barru, bahwa pada 6 Maret 2022 terjadi hujan deras yang mengakibatkan banjir bagian sungai dan abrasi.

Daerah yang terdampak yakni di Kecamatan Mallusetasi, seperti di Kelurahan Mallawa, Desa Bojo, Kelurahan Bojo Baru.

Sebab itu, sejumlah rumah dan fasilitas perkantoran rusak dan terendam banjir. Di Mallawa, dua rumah terdampak abrasi; banjir pada sarana pemerintahan yakni Koramil 1405 Mallusetasi, Polsek Mallusetasi, dan Kantor Pos Mallawa.

Sementara di Desa Bojo terdapat dua rumah terdampak abrasi dan rusaknya tanggul penahan jembatan. Di Kelurahan Bojo Baru, dua rumah dan perahu nelayan hanyut, dan 30 unit rumah tergenang.

Merespons itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk membantu korban banjir dan abrasi.

"Tim BPBD Provinsi Sulsel telah menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Barru," kata Sudirman, Senin (7/3/2022).

Dirinya berharap, bantuan ini dapat membantu korban yang terdampak. Tak hanya itu, tokoh yang bakal dilantik menjadi Gubernur Sulsel defenitif ini meminta, agar masyarakat secara menyeluruh agar senantiasa waspada terhadap perubahan iklim yang mengakibatkan cuaca buruk.

"Semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak bencana banjir."

Rekomendasi