Minim Penjagaan, Balla Lompoa Dirusak Orang Misterius, Pemkab Gowa Lapor Polisi

| 13 Mar 2022 21:00
Minim Penjagaan, Balla Lompoa Dirusak Orang Misterius, Pemkab Gowa Lapor Polisi
Museum Balla Lompoa (Wikimedia Commons)

ERA.id - Hiasan di Kawasan Museum Balla Lompoa dan Istana Tamalate dirusak. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa, Sulawesi Selatan, langsung melapor ke polisi.

"Atas petunjuk pimpinan, Bapak Bupati Gowa (Adnan Purichta), kami melapor," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Andi Tenriwati Tahri, Kamis (10/3/2022) silam.

Perusakan itu diduga terjadi pada Kamis (10/3) dini hari. Pelaku leluasa merusak karena penjagaan di kawasan museum tersebut belum maksimal. Apalagi, kawasan museum sedang direhabilitasi dan direnovasi.

Adapun yang rusak yaitu empat unit hiasan di kawasan Istana Tamalate. Empat hiasan berbentuk bola dan terbuat dari campuran semen yang semuanya itu dipesan khusus dari luar daerah.

"Dari 24 hiasan yang ada, empat yang pecah jadi sisa 20 unit. Kita taksir kerugian sekitar Rp5 juta termasuk biaya pemasangan dan pengiriman karena ini dipesan khusus dari luar daerah," katanya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Gowa itu berharap, proses penyelidikan bisa berjalan dengan cepat dan bisa terungkap.

Dirinya juga akan berkoordinasi dengan beberapa toko di sekitar Kawasan Museum Balla Lompoa dan Istana Tamalate untuk mengecek sistem kamera pengawas atau CCTV.

"Langkah selanjutnya kita menunggu hasil pemeriksaan dan investigasi dari polres. Kita berharap ini cepat terungkap," katanya.

Terkait dengan sistem penjagaan, pihaknya sudah mulai memberlakukan penjagaan 24 jam dengan cara mengatur waktu jaga setiap tim sekuriti.

Ia juga menyebut kawasan Istana Tamalate Sungguminasa itu baru akan diresmikan setelah sebelumnya dilakukan revitalisasi.

Rekomendasi