Dulu Petepete Smart Terbakar, Kini Pemkot Makassar Siapkan Transportasi Baru Lagi

| 21 Mar 2022 08:51
Dulu Petepete Smart Terbakar, Kini Pemkot Makassar Siapkan Transportasi Baru Lagi
Motor yang diluncurkan Pemkot Makassar

ERA.id - Pernah luncurkan program Petepete Smart, yang belakangan gagal mengaspal karena terbakar saat dipamer. Kini Pemerintah Kota Makassar menyiapkan lagi transportasi ramah lingkungan.

"Pemkot menyiapkan dua jenis transportasi ramah lingkungan yang disebut 'Co'mo' dan 'tettere'," kata Kadis Perhubungan Kota Makassar Iman Hud, Minggu (20/3/2022).

Kedua kendaraan ini dianggap mendukung program pemerintah secara nasional mencapai zero (nol) emisi 2060.

Dia mengatakan, selama ini polusi yang ditimbulkan kendaraan roda dua dan empat dengan bahan bakar dari fosil, sangat berpengaruh terhadap lingkungan.

Makanya, Pemkot Makassar sangat mengapresiasi kehadiran motor listrik yang telah diluncurkan sebanyak 20 unit untuk tahap uji coba ini.

"Dengan motor listrik itu yang merupakan transportasi 'ecofriendly' akan mengurangi polusi udara, sekaligus polusi suara," katanya.

Sementara Pemkot Makassar, lanjut Iman, transportasi ramah lingkungan "Co'mo" dipersiapkan untuk melayani penumpang tujuan wisata dalam kota.

Begitu pula dengan transportasi listrik yang dinamakan "Tettere" yang masih dalam proses persiapan untuk dapat dioperasikan tahun depan."Un tuk percontohan nanti ada masing-masing satu unit yang diujicobakan," katanya.

Rekomendasi