Soal Anggaran, Komisi Informasi Minta Pemerintah Desa di Sulsel Transparan

| 23 Mar 2022 10:34
Soal Anggaran, Komisi Informasi Minta Pemerintah Desa di Sulsel Transparan
Ilustrasi uang (ERA.id)

ERA.id - Komisi Informasi (KI) Pusat meminta agar pemerintah desa transparan dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD).

Mengingat, Pemerintah Desa termasuk Badan Publik, berdasarkan Undang-undang No 1 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Komisioner Bidang Regulasi Kebijakan Publik KI Pusat, M Syahyan dalam diseminasi dua peraturan KI yang difasilitasi KI Sulsel mengungkapkan,  Peraturan KI No 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik, dan Peraturan KI No 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.

Perlunya, kata Syahyan, hal ini disosialisasikan ke daerah-daerah, terutama ke tingkat desa. Apalagi, pemerintah desa mendapat anggaran dari APBN yang cukup besar.

"Karena itu, agar dana desa itu bisa tersalurkan dengan baik, terbelanjakan dengan baik, maka proses penyalurannya itu harus terbuka. Dengan transparansi, maka masyarakat juga bisa ikut mengawasi dana desa yang begitu besar." ujarnya, Selasa (22/3/022).

Dijelaskan bahwa pemerintah desa masuk kategori Badan Publik. Melihat dalam kitab UU No 1 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, disebutkan yang termasuk Badan Publik adalah setiap lembaga yang mendapat anggaran dari APBN, APBD, bantuan masyarakat dan bantuan asing.

"Desa kan mendapat APBN, maka Desa masuk kategori Badan Publik dan dia wajib terbuka sesuai amanat undang undang keterbukaan informasi publik," tegasnya.

Syahyan menambahkan di dalam regulasi HAM yang berlaku universal, negara berkewajiban melindungi dan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan akses informasi.

Karena itu, Badan Publik harus terbuka dan memberikan akses informasi kepada publik. "Badan Publik wajib menyediakan informasi yang benar, akurat dan tidak menyesatkan," pungkasnya.

Sementara, Ketua KI Sulsel Pahir Halim didampingi Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Khaerul Mannan dan Koordinator Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Fauziah Erwin, menyampaikan dalam waktu dekat KI Sulsel akan melakukan pertemuan dengan kepala desa se-Sulsel untuk mensosialisasikan peraturan KI.

Berbagai upaya pun tengah dilakukan untuk mendorong keterbukaan informasi di setiap kabupaten kota di Sulsel.

Turut hadir dalam diseminasi ini, Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI Pusat Wafa Patria Umma, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Sulsel, Amson Padolo, dan Kepala Sekretariat KI Sulsel Sultan Rakib.

Rekomendasi