Momen Ganjar Puji Pesan Pendiri Masjid Bengkok saat Safari Ramadan ke Medan: Tolong Menolong Antar Manusia

| 11 Apr 2022 08:30
Momen Ganjar Puji Pesan Pendiri Masjid Bengkok saat Safari Ramadan ke Medan: Tolong Menolong Antar Manusia
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Museum Al-Washliyah dan Masjid Bengkok di Kesawan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam kunjungannya, Ganjar menilai hubungan antar umat beragama di Medan cukup baik, serta mengapresiasi kedua bangunan tersebut.

Ganjar menyebut bangunan ini dibangun oleh seorang dermawan berdarah Tionghoa, Tjong A Fie, yang pernah diangkat menjadi Kapitan China di Medan pada tahun 1911-1921.

"Ada museumnya bagus sekali dan sejarah yang sangat luar biasa, ini orang kaya jaman dulu di Medan pergaulannya internasional. Yang menarik adalah dia seorang Tionghoa yang punya testamen (wasiat) bagus sekali," kata Ganjar dalam keterangan tertulis

Lebih lanjut, Ganjar juga mengaku kagum dengan wasiat peninggalan Tjong A Fie, yang berisi tentang pentingnya rasa saling tolong menolong antar manusia, tanpa memandang suku, agama dan golongan.

"Saya baca tadi testamen tiga, empat, lima itu isinya bagaimana menolong orang sakit, anak tidak mampu, kasih beasiswa yang tidak membedakan bangsanya," kata Ganjar.

"Dan karya nyatanya adalah Masjid Bengkok. Itu dibangun dari keluarga Tjong A Fie. Itu menunjukkan kebhinnekaan yang ada di sini," ujar Ganjar.

Terkait hal itu, Ganjar pun meminta Bobby untuk melestarikan Tjong A Fie Mansion dan Masjid Bengkok.

Pasalnya, sebelumnya, Bobby juga pernah menyambangi Ganjar di Kota Semarang, Jawa Tengah, untuk melihat proses revitalisasi tempat bersejarah. Salah satunya kawasan Kota Lama, Semarang.

"Tadi ngobrol sama Pak Wali ternyata beliau sedang menggerakkan (revitalisasi) ini untuk kemudian diperbaiki disiapkan. Beliau pernah ke Semarang, belajar, tukar pikiran dari kita. Kita lebih dulu aja membangun Kota Lama di Semarang dan mirip-mirip," ungkap Ganjar.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan terima kasih atas kedatangan Ganjar ke Medan. Bobby menilai Ganjar merupakan sosok pemimpin yang memiliki penggemar yang banyak.

"Terima kasih Pak Ganjar kunjungannya ke Medan. Mudah-mudahan semakin banyak yang berkunjung ke Medan. Dan Pak Ganjar yang kita tahu banyak followers-nya, mudah-mudahan dilihat followers-nya dan datang ke Medan," ujar Bobby.

Tags : Ganjar medan
Rekomendasi