Jelang Musim Mudik, Terminal Diwajibkan Rutin Cek Kesehatan Sopir dan Awak Bus

| 18 Apr 2022 06:08
Jelang Musim Mudik, Terminal Diwajibkan Rutin Cek Kesehatan Sopir dan Awak Bus
Terminal Tirtonadi Solo (Amalia/era.id)

ERA.id - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan DIY meminta pengelola terminal menyiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk menyambut masa angkutan lebaran tahun 2022. Di antaranya melakukan pengecekan kesiapan armada dan pengemudi bus.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPTD Wilayah X Jateng-DIY, Eko Agus Susanto, Minggu (17/4/2022). Tahun ini diprediksi penggunaan moda transportasi darat, khususnya bus akan meningkat di momen mudik lebaran tahun ini. Pasalnya pemerintah memberikan pelonggaran bagi para pemudik. Untuk itu pihaknya mulai menyiapkan kebutuhan penunjangnya.

”Makanya kami meminta terminal mulai menyiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk menyambut pemudik,” katanya, Minggu (17/4/2022).

Untuk itu BPTD Wilayah X Jateng-DIY juga menyiapkan sarana dan prasarana tambahan. Seperti halnya fasilitas layanan kesehatan hingga ramcek untuk armada.

”Sehingga armada dan sopir bisa optimal selama melayani masa angkutan lebaran,” katanya.

Untuk antisipasi, juga akan disediakan lokasi test antigen dan sejenisnya. Khususnya bagi para pemudik yang menggunakan bus reguler, akan dilakukan pengawasan.

”Kalau yang ikut program mudik gratis pasti sudah diawasi dengan syarat-syarat. Tapi untuk yang regulerm perlu diawasi,” katanya.

Sebagai informasi, Direktorat Perhubungan Darat Kementerian perhubungan mengumumkan 350 armada bus dan 30 truk pengangkut kendaraan roda dua untuk program mudik gratis. Layanan ini dibuka mulai 10-24 April 2022 dan bisa diakses melalui laman resmi dari Kementerian Perhubungan.

Tags : mudik bus solo
Rekomendasi