Persiapan Mudik, Sopir Bus di Terminal Tirtonadi Solo Dicek Kesehatannya

| 26 Apr 2022 16:31
Persiapan Mudik, Sopir Bus di Terminal Tirtonadi Solo Dicek Kesehatannya
Ilustrasi (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Puluhan sopir bus angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Tirtonadi menjalani tes kesehatan pada Selasa (26/4/2022). Tes kesehatan ini dilakukan untuk memperlancar kesiapan mudik lebaran 2022.

Kasi Dokkes Polresta Solo Edhy Wirastho mengatakan pengetesan dilakukan pada pengemudi kendaraan umum di Terminal Tirtonadi. Ada sebanyak 25 pengemudi yang menjalani tes urin.

”Hasilnya semua negatif,” ucapnya di Terminal Tirtonadi.

Pengecekan ini dilakukan secara berkala tiap tahun. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan kegiatan mudik, karena mengantisipasi pengemudi yang menyalahgunakan penggunaan narkoba. Sehingga bisa memberikan keselamatan bagi masyarakat.

Untuk pelaksanaan cek kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo. Selain tes urin secara berkala, juga dilaksanakan ram cek, pengecekan suhu dan layanan vaksinasi.

”Kami juga membuka layanan vaksinasi. Jadi kalau pemudik belum sempat vaksin, bisa kami layani di sini,” kata Kepala Urusan Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Sunardi.

Hingga hari ini terpantau belum ada pemudik yang datang. Diperkirakan para pemudik tiba pada 28 April 2022 mendatang. Namun saat ini terpantau sudah ada kenaikan jumlah kendaraan sebanyak 15 persen dibandingkan hari biaanya.

”Tapi penumpangnya masih dari aglomerasi saja. Puncaknya sekitar tanggal 30 April 2022,” katanya.

Rekomendasi