700 Ribu Kendaraan Diprediksi Keluar Masuk Tol Solo-Ngawi Saat Lebaran, Jasamarga: Puncak Arus Mudik 29 April

| 21 Apr 2022 08:48
700 Ribu Kendaraan Diprediksi Keluar Masuk Tol Solo-Ngawi Saat Lebaran, Jasamarga: Puncak Arus Mudik 29 April
Ilustrasi (Amalia/era.id)

ERA.id - PT Jasamarga Solo Ngawi memprediksi 700 ribu kendaraan yang bakal melintas selama periode lebaran via tol Solo-Ngawi. Untuk itu pengelola tol mulai mempersiapkan untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang masuk dan keluar tol.

Manajer Operasional PT Jasamarga Solo Ngawi, Budi Hermawan mengatakan persiapan angkutan lebaran sudah dimulai dengan melakukan kajian internal. Diprediksi ada sebanyak 780.240 kendaraan yang melintas selama periode ini.

”Dalam hitungan kami, rata-rata harian kendaraan melintas mencapai 35.348 kendaraan,” katanya, Rabu (20/4).

Prediksi sirkulasi kendaraan periode lebaran tahun ini lebih tinggi dibandingkan periode lebaran tahun 2019. Diperkirakan kenaikannya 15 persen dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19 ini.

Sedangkan saat dibandingkan dengan jumlah kendaraan harian, diprediksi ada kenaikan sebesar 45 persen dari kondisi normal. ”Untuk puncak kepadatannya kami perkirakan 29 April 2022 mendatang. Untuk arus baliknya diprediksi 7 Mei 2022,” katanya.

Potensi kepadatan akan terjadi di sejumlah gerbang tol, seperti gerbang tol Colomadu, gerbang tol Ngemplak dan gerbang tol Karanganyar. ”Kami koordinasi dengan berbagai pihak untuk mematangkan rencana dan penangananya,” katanya.

Tags : mudik solo
Rekomendasi