Kabar Baik! Garuda Buka Penerbangan Langsung Umrah dan Haji dari Makassar Mulai Mei

| 23 Apr 2022 09:04
Kabar Baik! Garuda Buka Penerbangan Langsung Umrah dan Haji dari Makassar Mulai Mei
Dok. Antara

ERA.id - Garuda Indonesia sesuai rencana akan membuka penerbangan langsung Makassar-Jeddah, Arab Saudi, untuk melayani jamaah umrah dan haji pada Mei 2022.

“Rencana penerbangan umrah dan haji dari UPG (Hasanuddin International Airport) akan dibuka pada bulan Mei mendatang," kata Regional CEO Kalimantan, Sulawesi Maluku, dan Papua PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Berthon Hutapea dalam keterangannya di Makassar, Jumat (22/4/2022).

Ia menjelaskan hal ini menjadi salah satu upaya berkesinambungan Garuda Indonesia dalam memastikan kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan bagi calon jamaah umrah maupun haji dari wilayah asal.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan sudah ada pembahasan dengan pihak Garuda tentang rencana penerbangan langsung (direct flight) dari Makassar menuju Jeddah.

“Alhamdulillah, segera dibuka kembali layanan penerbangan langsung bagi jamaah haji dan umrah oleh PT. Garuda Indonesia,” kata Andi Sudirman.

Andi pun mengusulkan adanya penerbangan rute Makassar-Bone-Kendari dan rute Tana Toraja-Balikpapan. Selain itu, dengan pembukaan rute penerbangan tentunya membuka peluang lebih besar bagi potensi ekonomi.

“Kami juga membahas kesediaan maskapai dalam layanan domestik seperti Makassar-Bone-Kendari dan rute Tana Toraja-Balikpapan. Kita (rencana) siapkan dana subsidi rintisan,” ujarnya.

Terkait usulan tersebut, Berthon Hutapea mengatakan pihaknya saat ini terus menjalankan komunikasi intensif terkait penjajakan rute tersebut termasuk potensi pangsa pasar baik penumpang maupun kargo serta dukungan dari Pemerintah setempat.

Rekomendasi