Arus Mudik Lebaran, Pemkab Sleman Siapkan Solusi Bebas Kemacetan

| 24 Apr 2022 20:10
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (ANTARA)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan perbaikan 52 ruas jalan kabupaten rampung sebelum arus mudik Lebaran atau pada 27 April 2022.

"Upaya perbaikan ruas jalan kabupaten sebagai upaya menghadapi arus mudik Lebaran dan libur panjang," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Minggu, (24/4/2022).

Menurut dia, ada 52 ruas jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten Sleman saat ini sedang diperbaiki.

"Perbaikan sudah mencapai 80 persen. Dan target selesai pada 27 April 2022. Tentu agar (pemudik) merasa aman dan nyaman di jalan," katanya, dikutip dari Antara.

Kustini meminta masyarakat melaporkan apabila ada ruas jalan di Sleman yang rusak agar segera ditindaklanjuti dengan perbaikan.

"Kalau ada yang rusak laporkan. Apabila jalan provinsi nanti akan kami sampaikan. Saya juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DIY agar jalan-jalan provinsi di Sleman yang rusak untuk diperbaiki," katanya.

Ia mengatakan 52 ruas jalan yang diperbaiki merupakan jalur alternatif atau penyangga jalan nasional maupun jalan provinsi. Sehingga perbaikan dilakukan agar bisa digunakan guna mengatasi atau mengurai kemacetan arus lalu lintas.

"Prioritas kami jangan sampai ada kemacetan. Jika memang ada kemacetan, disiapkan solusi untuk itu. Salah satunya jalur-jalur alternatif. Selain nanti tetap ada rekayasa arus lalu lintas dari kepolisian agar terjamin kelancaran selama mudik," katanya.

Selain jalan, Bupati Sleman juga telah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman untuk memperbaiki lampu penerangan di ruas jalan-jalan kabupaten.

Rekomendasi