52 Ruas Jalan Kabupaten Sleman Masih Rusak Jelang Musim Mudik, Bupati Kustini: Diperbaiki Sebelum Lebaran

| 25 Apr 2022 08:51
52 Ruas Jalan Kabupaten Sleman Masih Rusak Jelang Musim Mudik, Bupati Kustini: Diperbaiki Sebelum Lebaran
Bupati Sleman Kustini. Dok. Pemkab Sleman

ERA.id - Sebanyak 52 ruas jalan di Kabupaten Sleman masih rusak. Pemkab menyatakan tengah menyelesaikan perbaikan sejumlah ruas jalan kabupaten itu yang ditargetkan rampung pada 27 April.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menuturkan upaya perbaikan ruas jalan kabupaten itu sebagai upaya menghadapi arus mudik Lebaran dan libur panjang 2022.

"Saat ini ada 52 ruas jalan yang sedang diperbaiki.  Saat ini perbaikan sudah mencapai 80 persen. Dan target kita selesai tanggal 27 besok. Tentu agar (pemudik) merasa aman dan nyaman di jalan," ucap Kustini saat dikonfirmasi, Minggu (24/4).

Kustini juga meminta agar masyarakat melaporkan apabila ada ruas jalan di Sleman yang rusak agar segera ditindaklanjuti dengan perbaikan.

"Kalau ada yang rusak laporkan. Apabila jalan provinsi nanti akan kita sampaikan. Saya juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DIY agar jalan-jalan provinsi di Sleman yang rusak untuk diperbaiki," kata Kustini.

Menurut Kustini, 52 ruas jalan yang diperbaiki merupakan jalur alternatif atau penyangga jalan nasional maupun provinsi. Perbaikan pun dilakukan agar jalan-jalan itu bisa digunakan untuk mengatasi atau mengurai kemacetan arus lalu lintas.

"Prioritas kita jangan sampai ada kemacetan. Jika memang ada kenyataan kita siapkan solusi untuk itu. Salah satunya jalur-jalur alternatif. Selain nanti tetap ada rekayasa arus lalu lintas dari kepolisian agar terjamin kelancaran selama mudik," jelas Kustini.

Selain jalan, Kustini telah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memperbaiki lampu penerangan di ruas jalan-jalan kabupaten.

Rekomendasi