Sampah Menggunung, Warga Kecam Pihak Pengelola Pantai Tanjung Bira Tak Sediakan Tempat Sampah

| 08 May 2022 16:00
Tumpukan sampah di Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan (Istimewa)

ERA.id - Sebuah video viral di sosial media, khususnya di Instagram. Tampak terlihat sampah bertumpukan di sepanjang Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kejadian tersebut terekam pada hari Kamis (5/5/2022) dimana saat itu masih kondisi liburan pasca Lebaran 2022.

Terlihat jelas sampah-sampah ditumpuk menyerupai gunung pasir yang biasanya dibuat saat liburan di pantai. Mulai dari dos air mineral hingga botol mineral.

Masyarakat sekitar pantai tersebut juga terlihat acuh melihat sampah yang berserakan dimana-mana.

Netizen pun geram dengan posting yang di-posting oleh akun @infokotamakassar. Beberapa warga dunia maya mengecam pihak pengelola yang cuek terhadap sampah tersebut.
 
"Kalau menurut saya, menumpuknya sampah di kawasan tersebut karena ga ada kesiapan dari pihak pengelola untuk mengatasinya. Seharusnya pihak pengelola membuat aturan untuk menanganinya sebelum para pengunjung memasuki area tersebut," kata pemilik akun @ranoumaryasin.

Salah seorang pemilik akun @andipawelloy yang kemungkinan pernah mengunjungi pantai tersebut atau warga sekitar pantai mengatakan jika sudah ada papan pemberitahuan agar membuang sampah pada tempatnya.

"Padahal adami tawwa (sudah ada) na tulis (tertulis) di papan pemberitahuan 'cuman anj*** yang buang sampah sembarangan'," tulisnya.

Selain itu, pemilik akun @fausiah_bohari sangat menyayangkan perilaku dari pengunjung tersebut yang tidak memperhatikan kebersihan.

"Betul-betul kita punya masyarakat kurang kesadaran akan kebersihan. Baik itu anak-anaknya bahkan orangtuanya sekalipun. Padahal sejak sekolah kita diajarkan jangan buang sampah disembarang tempat," demikian @fausiah_bohari.

Rekomendasi