Longsor Tutup Akses Jalan Sinjai Menuju Makassar, Pemudik Diminta Cari Jalan Alternatif

| 09 May 2022 12:25
Longsor Tutup Akses Jalan Sinjai Menuju Makassar, Pemudik Diminta Cari Jalan Alternatif
Bencana tanah longsor yang terjadi di Jalan poros Sinjai-Makassar. (Foto: Istimewa)

ERA.id -  Bencana longsor melanda Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel). Jalan poros yang menghubungkan ke Makassar itu lumpuh. Akibatnya, baik pemudik atau pun warga sekitar diminta cari jalan alternatif.

Musibah tanah longsor itu terjadi di Jalan poros Sinjai-Makassar, tepatnya di Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat.

Dari informasi yang diterima ERA, bencana tanah longsor terjadi akibat hujan yang mengguyur dengan intensitas tinggi sejak pukul 02.00 WITA dini hari, Senin (9/5/2022).

Titik lokasi kejadian itu berjarak sekitar 51 kilometer dari pusat Kota Sinjai. Namun, material longsor yang menutup badan jalan menyebabkan jalan tidak bisa dilalui kendaraan.

Masyarakat setempat yang bahu membahu membersihkan material tanah longsor pun memberitahu kepada pengendara agar mencari jalan alternatif.

"Mutar Pak, mutar," terdengar suara video yang diterima ERA, Senin (8/5/2022).

Akibatnya pengendara dari Makassar yang hendak menuju ke Sinjai terpaksa memutar kendaraan untuk mencari jalan alternatif.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai Budiaman menghimbau agar pengendara yang ingin melintas menuju Malino, Kabupaten Gowa hingga Makassar ataupun sebaliknya dapat mengambil jalan Gunung Perak-Balakia.

"Bisa mengambil jalan alternatif pada jalur Gunung Perak-Balakia yang bisa dilalui pengendara roda dua maupun empat. Ada jalur alternatif jalan Balakia-Kanreapia (Gowa). Jalur ini memang sengaja disiapkan Pemkab Sinjai karena memang sering terjadi longsor," katanya.

Bencana tanah longsor yang terjadi di Jalan poros Sinjai-Makassar, tepatnya di Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat.

Rekomendasi