Kabar Baik untuk Warga Solo, CFD Kembali Dibuka Setelah 2 Tahun Ditiadakan

| 10 May 2022 09:05
Kabar Baik untuk Warga Solo, CFD Kembali Dibuka Setelah 2 Tahun Ditiadakan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menginstruksikan kembali menggelar Solo Car Free Day (CFD) setelah vakum dua tahun selama pandemi Covid-19. Rencananya pembukaannya dilakukan mulai Minggu 15 Mei 2022.

”CFD sudah boleh dibuka. Nanti teknisnya diatur oleh Dishub (Dinas Perhubungan) dulu. Seperti biasa, olahraga dan makanan boleh. Regulasinya diatur di SE (Surat Edaran Wali Kota). Tunggu besok ya,” kata Gibran pada Senin (9/5/2022).

Seperti biasa CFD dibuka di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, jalan yang membelah tengah kota Solo. Gelaran CFD dimulai dari simpang tiga Purwosari hingga Simpang Empat Gladag.

Meski memberikan kelonggaran atas dibukanya CFD. Namun, Gibran mengimbau agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan. ”Kasus kita sudah landai. CFD dibuka seperti biasa pokoke,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Hari Prihatno mengatakan untuk persiapannya, ia akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa dinas terkait esok hari. Sebab banyak hal yang harus disiapkan.

Di antaranya yakni pengalihan jalur bus Batik Solo Trans (BST), pengaturan parkir, pengaturan pedagang hingga penataan titik-titik keramaian. Terkait protokol kesehatan (prokes) tidak ada pembatasan kapasitas.

”Tapi mereka wajib bermasker,” ucapnya.

Rekomendasi