Jalanan Suka Tergenang, Walkot Tangerang Bersurat ke Pemprov Banten: Ranahnya Mereka

| 10 May 2022 09:44
Jalanan Suka Tergenang, Walkot Tangerang Bersurat ke Pemprov Banten: Ranahnya Mereka
Ilustrasi banjir (Antara)

ERA.id - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyurati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, karena jalan yang menjadi kewenangan pemprov kerap tergenang jika hujan.

"Pemerintah Kota Tangerang sudah melakukan penanganan awal, dengan melakukan normalisasi dan pembersihan sampah yang ada di saluran tersebut," ujar Arief, Selasa (10/5/2022).

Agar persoalan genangan banjir cepat teratasi, pihaknya melayangkan surat ke Pemprov Banten. Dia menyebut, di area itu, ada dua jalan milik Pemprov Banten.

"Kami sudah bersurat ke Pemprov untuk melakukan penanganan. Karena memang (Jalan KH Hasyim Ashari dan MH Thamrin, red) ranahnya mereka," katanya.

"Sama dengan Jalan Hasyim Ashari, Jalan Thamrin juga kewenangan Pemerintah Provinsi Banten, tadi kami lihat ada beberapa saluran yang rubuh, untuk penanganan daruratnya sedang kami lakukan beberapa meter," katanya.

"Kami harap Pemprov Banten bisa melanjutkan penanganan keseluruhannya agar saluran tersebut bisa maksimal menampung air guna meminimalisir genangan," terangnya.

“Ada genangan di jalan provinsi, surati provinsi. Kalau perlu bersurat setiap hari, nggak apa-apa setahun 365 surat kita kirimin, karena apa? Kita di sini pemerintah kota yang harus langsung berhadapan dengan masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, Arief menambahkan komunikasi dan koordinasi harus intens dilaksanakan. Termasuk melalui surat kepada instansi yang lebih tinggi.

“Kalau perlu tinggal dipersiapkan formatnya, tinggal dikirim (surat) saja tiap hari, begitu juga ke pemerintah pusat  dan lainnya.”

Arief menyebutkan, jangan sampai katanya pelayanan kepada masyarakat terkendala  komunikasi dan koordinasi yang menyebabkan masalah tidak selesai.

“Kota Tangerang ini kota yang terus tumbuh berkembang, sekarang pilihannya terus bertumbuh menjadi lebih baik atau justru berkembang masalahnya karena nggak kita tuntaskan,” jelasnya.

Sementara Dodi Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan pada Dinas PUPPR Kota Tangerang menambahkan, ia mengaku pihaknya terus memantau dan memelihara infrastruktur di Kota Tangerang.

"Seperti membersihkan atau menormalisasi saluran-saluran agar air bisa mengalir dengan cepat, sehingga genangan cepat surut jika hujan lebat," pungkas Dodi.

Rekomendasi