Gelombang di Pantai Bagedur Lebak Capai 3 Meter, Hantam Warung Sekitar Hingga Terendam

| 16 May 2022 23:07
Gelombang di Pantai Bagedur Lebak Capai 3 Meter, Hantam Warung Sekitar Hingga Terendam
Gelombang di Pantai Bagedur, Kecamatan Malinggping, Kabupaten Lebak, Banten. (Dok/Balawista)

ERA.id - Gelombang tinggi sekitar 3 meter melanda Pantai Bagedur, Kecamatan Malinggping, Kabupaten Lebak, bagian selatan Banten. Akibatnya, warung di sekitaran wilayah tersebut terendam.

“Betul gelombang tinggi ini sudah terjadi sejak Sabtu 14 Mei 2020 dengan ketinggian hingga mencapai 3 meter. Dampaknya warung yang berada di pesisir pantai terendam, beruntung tidak ada korban jiwa,” ucap Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak, Mumu Mahpudin, Senin (16/5/2022).

Mumu menyebutkan, akibat gelombang tinggi yang masih terjadi beberapa hari ini, wisatawan dilarang datang ke Pantai Bagedur. Karena gelombang tinggi di pesisir pantai Banten selatan berpotensi membahayakan keselamatan para wisatawan.

“Untuk keselamatan pengunjung, diharapkan untuk tidak berenang sebab, ketinggian air lebih dari tiga meter. Untuk peringatan dini gelombang tinggi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di daerah pantai sampai 17 Mei 2022. Karena itu, kita siaga di sini untuk mengingatkan para wisatawan yang datang kesini,” sambung Mumu.

Mumu menambahkan, gelombang tinggi juga merendam belasan warung yang berada di tepi Pantai Bagedur. Warung yang berada di tepi pantai tersebut terendam karena besarnya gelombang yang datang.

“Fenomena ini sudah sering terjadi, oleh karenanya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan untuk sementara pengunjung diimbau untuk tidak berenang,” jelasnya.

Rekomendasi