Jumlah Wisatawan Meningkat Pesat, Dinas Pariwasata Bandung Yakin Ekonomi di Wilayahnya Bisa Pulih

Tim Editor

Ilustrasi lokasi wisata di Bandung (Antara)

ERA.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, mencatat adanya peningkatan volume wisatawan lokal saat libur lebaran sampai pada puncak liburan yang bertepatan pada hari raya Waisak 2022, kemarin (16/4/2022).

Disbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan terdapat peningkatan jumlah hunian hotel atau occupancy yang mencapai angka 86,35 persen.

"Peningkatan persentase dari occupancy, mulai terasa pada saat awal liburan lebaran dan peningkatan tersebut masih terasa ketika hari raya waisak 2022, kemudian kembali melandai mulai hari ini," ulasnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (17/4/2022).


Wanita yang akrab dipanggil Kenny ini juga memaparkan, walaupun libur telah usai, peningkatan masih terasa lantaran adanya masa ujian kelas akhir pada kalender pendidikan.

"Ada bermacam faktor yang membuat Kota Bandung masih dipadati oleh wisatawan, ini terjadi karena siswa sekolah yang tidak menghadapi ujian akhir, masih memiliki waktu untuk liburan, ini terlihat adanya peningkatan volume pengunjung di tempat-tempat wisata yang ada di Kota Bandung, seperti Taman Lalu Lintas dan Kebun Binatang," papar Kenny.

Melihat kondisi ini, Kenny optimis perekonomian yang berasal dari sektor Pariwisata di Kota Bandung bisa berangsur pulih.

Dirinya juga menilai, salah satu faktor yang bisa mendukung pergerakan ekonomi wisata pulih adalah kepatuahan masyarakat untuk vaksinasi sampai vaksin booster, dimana penekanan penyebaran kasus COVID-19 bis teratasi selama liburan panjang.

"Saya melihat para wisatawan berasal dari luar dan dalam daerah, kebanyakan dari mereka tetap menggunakan peduli lindungi untuk memasuki area wisata yang ada di Kota Bandung, kemudian hotel-hotel di Bandung tetap lakukan pelayanan sesuai standar prokes COVID-19," ungkapnya.

Tag: wisata di bandung

Bagikan: