Gibran Bangun Sentra IK Solo, Habiskan Anggaran Rp46 Miliar

Tim Editor

Pasar Darurat yang diperuntukkan bagi para pedagang Pasar Mebel Gilingan, Solo (Amalia/era.id)

ERA.id - Puluhan pedagang Pasar Mebel Gilingan mulai menempati pasar darurat yang berlokasi di kawasan Setabelan, Solo, Senin (23/5/2022).

Pemindahan lokasi ini berkaitan dengan rencana pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) oleh Kementerian Perindustrian.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi mengatakan telah menyiapkan 48 kios untuk pasar darurat yang berlokasi di sisi selatan Kantor Dinas Pendidikan Kota Solo dan timur Taman Segitiga Setabelan.

”Totalnya ada 85 orang pedagang. Tapi beberapa pedagang memiliki lebih dari satu SHP (surat hak penempatan),” katanya saat ditemui di lokasi.


Sebanyak 48 kios darurat ini diperuntukkan bagi pedagang pelataran di Pasar Mebel. Hanya saja tidak semua pedagang bersedia pindah ke pasar darurat. Sebagian dari mereka mencari lokasi sendiri.

”Entah mereka menyewa atau berjualan di rumah masing-masing,” katanya.

Pasar darurat yang disediakan oleh pemerintah ini merupakan bekas dari pasar darurat Pedagang Pasar Legi. Heru menjanjikan ada dukungan promosi bagi pedagang selama menempati lokasi sementara.

”Mereka bisa langsung pindah ke lokasi yang baru. Saat ini tinggal memindahkan jaringan listrik dari lokasi pasar lama ke pasar darurat. Meteran listrik memang tidak bisa langsung dipindah ke lokasi baru, karena memang aturan dari PLN seperti itu,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Dinkop UKM dan Perin) Wahyu Kristina mengatakan pembangunan sentra IKM di eks Pasar Mebel Gilingan rencananya dimulai Juni 2022. Untuk pembangunan ini pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp46 miliar.

Nantinya sentra IKM ini akan dilengkapi dengan showroom dan tempat pelatihan bagi pedagang. Namun karena berbentuk showroom, sehingga tidak bisa semua pedagang masuk ke Gilingan.

”Mereka yang bisa masuk ke sana akan dikurasi terlebih dahulu,” katanya.

Pembangunan ini ditargetkan selesai pada pertengahan bulan Desember. Namun akan ada bagian pembangunan yang akan dilanjutkan di tahn depan. Sementara untuk pedagang yang tidak bisa masuk ke sentra IKM akan direlokasi ke pasar baru yang akan dibangun di eks Bong Mojo, Jebres.

”Untuk pembangunan pasar baru di eks Bong Mojo diagendakan bulan Februari 2023,” katanya.

 

Tag: Berita terkini pasar mebel gilingan pasar mebel solo sentra ikm mebel pedagang pasar mebel solo anggaran pembangunan IKM Wow! pembangunan Sentra IKM Mebel di solo Habiskan Rp 50 Miliar

Bagikan: