Gibran Ungkap Pembangunan Fase Kedua Solo Safari Segera Dimulai, Habiskan Anggaran Berapa Miliar?

| 08 Mar 2023 22:27
Gibran Ungkap Pembangunan Fase Kedua Solo Safari Segera Dimulai, Habiskan Anggaran Berapa Miliar?
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai meninjau Solo Safari, Rabu (8/3/2023). (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut jika pembangunan Solo Safari tahap kedua segera dimulai. Rencananya kebun binatang kebanggaan warga Solo ini akan makin komplit saat pembangunan fase kedua selesai.

Di sela kunjungannya ke Solo Safari, Gibran menjelaskan bahwa tahap kedua pembangunan Solo Safari akan selesai di akhir tahun mendatang. "Semoga sebelum akhir tahun, moga-moga (selesai)," katanya di sela kunjungan di Solo Safari, Rabu (8/3/2023).

Pada fase kedua ini, satwa akan semakin komplit. Setelah di tahap pertama ada area primata, pada tahap kedua akan makin lengkap koleksinya dengan area aviary atau kandang burung besar.

"Ada aviary nanti di fase kedua. Ini baru progres, segera, segera. Harapannya mumpung panas gini kita bangun, kalau hujan akan sulit," katanya.

Untuk penambahan satwa rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. Rencananya akan ada penambahan lebih banyak satwa dan lebih beragam. Saat ditanya terkait anggaran, Gibran mengaku untuk pembangunan Solo Safari menjadi lebih baru tidak sampai menelan anggaran Rp100 miliar.

"Nggak sampai, fase 1 saja hanya Rp20 miliar saja. Nggak, nggak sampai segitu," ucapnya. Ia tetap enggan merinci secara detail anggaran untuk pembangunan Solo Safari tahap kedua.

Untuk pembangunan fase kedua ini akan memanfaatkan lahan di Taman Gesang dan area di sisi timur yang berbatasan dengan Sungai Bengawan Solo. Ia optimis nantinya pembangunan akan selesai dan segera dinikmati warga.

"Ditunggu aja, intinya fase 2 kita kejar. Kalau akhir tahun nggak selesai ya tahun depan," ucapnya.

Rekomendasi