PPDB SMA/SMKN di Banten Saban Tahun Kacau, Pj Gubernur Siapkan Infrastruktur

| 24 May 2022 14:34
PPDB SMA/SMKN di Banten Saban Tahun Kacau, Pj Gubernur Siapkan Infrastruktur
Pj Gubernur Banten, Al Muktabar (Dok. Pemprov Banten)

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) menargetkan pelayanan pendidikan pada program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 berjalan maksimal.

Dalam hasil rapat bersama dinas terkait serta operator tingkat SMA, menurut Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, pihaknya akan menguatkan proses teknis.

Kata pria yang sebelumnya menjabat Sekda itu menambahkan, prinsip dasar yang dimaksud harus menjadi prioritas.

Yakni menguatkan persiapan untuk pelayanan masyarakat. Pasalnya, pendidikan merupakan layanan dasar yang harus dipenuhi pemerintah.

"Oleh karena itu, dari sekarang saya ingin OPD terkait mempersiapkan segala infrastrukturnya dengan baik dan optimal sebagai bentuk ikhtiar kita mendekatkan layanan kepada masyarakat yang berjalan dengan baik," ujarnya, dalam keterangan yang diterima, Selasa (24/5/2022).

Secara teknis, lanjut Al Muktabar, mekanisme PPDB Tahun 2022 ini akan diserahkan kepada server masing-masing sekolah

Jadi menurutnya, tidak terpusat pada satu server seperti tahun sebelumnya. Meski demikian, Pemprov Banten tentu tetap akan melakukan pengawasan agar pelaksanaan PPDB tetap berjalan dengan baik dan lancar.

"Tentunya untuk menghindari berbagai gangguan jaringan yang menghambat pelayanan, akan ada perbaikan dalam beberapa hal di setiap server sekolah," jelasnya.

Dikatakan Muktabar, rangkaian proses PPDB Tahun 2022 akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2022, dengan melakukan soft lauching sosialisasi PPDB.

"Secara umum struktur PPDB tahun ini hampir sama dengan sebelumnya, ada basis zonasi kemudian afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi," pungkasnya.

Rekomendasi