Momen Adik Jokowi Idayati dan Anwar Usman Hadir dalam Gladi Bersih Pernikahannya

Tim Editor

Adik presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman (Amalia/era.id)

ERA.id - Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dan adik Presiden Jokowi, Idayati terlihat menghadiri acara gladi bersih menjelang pernikahan mereka di Graha Saba Buana.

Keduanya terlihat luwes duduk berdampingan sembari menyaksikan persiapan pernikahannya yang akan dilaksanakan Kamis (26/5/2022).

Idayati terlihat cantik mengenakan tunik batik berwarna hijau berpadu krem dan berkerudung warna senada. Sementara Anwar Usman mengenakan baju koko warna putih dengan peci berwarna hitam. Keduanya tampak kalem saat berbincang dengan kerabat dan keluarga yang hadir dalam persiapan pernikahan.

Keduanya melihat satu per satu tahapan gladi bersih sebelum pernikahannya. Sesekali keduanya berbincang dengan perlahan. Hanya saja mereka tidak memperikan pernyataan ke media.


Terkait prosesi acara pernikahan ini, Wedding Organizer Pengantin Production, Dani Wigung, memberikan keterangan terkait persiapan pernikahan. Saat ini persiapan sudah hampir selesai dan tinggal menunggu beberapa hal kecil.

Rencananya akad nikah akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam prosesi ini, diawali dengan proses pasrah tinampi, atau penyerahan calon pengantin laki-laki pada pihak keluarga mempelai wanita.

”Kemudian dari keluarga mempelai perempuan akan menerima calon pengantin laki-laki untuk dinikahkan. Peraga-peraganya sudah ada, setelah ini akan diagendakan kehadiran peraga utama yang lain,” katanya.

Proses penyerahan dan penerimaan calon mempelai ini diiringi dengan gending Ladrang Wilujeng dengan gamelan yang dibawakan secara live. Kemudian pengantin putra akan langsung menuju ke lokasi akad nikah, dan dipertemukan pengantin putri untuk kemudian akad nikah.

”Lalu ada petugas doa, khotbah, saksi dari kedua keluarga, dan kemudian presiden datang terakhir sebagai wali nasab,” katanya.

Tamu undangan untuk acara akad nikah dijadwalkan hadir pada pukul 08.30 WIB. Untuk itu Dani mengimbau agar para ajudan dan aspri bisa datang sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka diminta untuk melakukan scan barcode untuk memastikan tamu VIP duduk dimana.

”Jadi saat pejabat datang, mereka tinggal duduk,” ucapnya.

Untuk akad nikah ini, akan ada 200 tamu undangan yang hadir. Namun para tamu undangan diharapkan tidak membawa anak karena jumlah kursi terbatas. ”Mereka juga diharusnya scan barcode. Kasihan kalau anaknya menunggu di luar,” katanya.

Dalam pelaksanaan akad nikah, aturan tamu undangan lebih ketat karena ada RI 1 dan RI 2. Sementara untuk acara resepsi akan lebih longgar. ”Tamu resepsi tidak bisa datang dalam akad nikah. Jadi harus menunggu di tenda atau bisa pulang terlebih dahulu. Sebab resepsi baru jam 12.00 WIB mulainya,” katanya.

 

Tag: ketua mk adik jokowi

Bagikan: