Sah! Adik Jokowi dan Anwar Usman Menikah, Maharnya Alat Salat dan Jam Tangan

| 26 May 2022 11:58
Sah! Adik Jokowi dan Anwar Usman Menikah, Maharnya Alat Salat dan Jam Tangan
Adik Presiden Jokowi, Idayati telah sah menikah dengan Ketua MK Anwar Usman di Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022). (Dok. Humas Polresta Solo)

ERA.id - Adik Presiden Joko Widodo, Idayati dan Ketua Mahkamah (MK) Anwar Usman resmi menikah. Akadnya digelar di Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022).

Prosesi nikah dimulai dengan kedatangan mempelai pria, Anwar Usman. Ia datang dengan mengenakan beskap berwarna putih krem dan didampingi oleh keluarganya. Kemudian ia diserahkan pada keluarga mempelai wanita.

Prosesi pasrah tinampi ini dilakukan untuk menyerahkan mempelai pria pada pihak keluarga mempelai wanita untuk dinikahkan. Kemudian mempelai pria didampingi keluarga mempelai wanita menuju ke tempat akad nikah.

Kemudian mempelai wanita datang. Idayati tampil anggun dengan kebaya putih krem. Ia didampingi oleh kedua saudarinya, Iit Sriyantini dan Titik Ritawati.

Kedua mempelai duduk di satu meja untuk melangsungkan akad. Hadir pula Presiden Jokowi yang bertindak sebagai wali nikah. Ia mengenakan beskap berwarna hitam dan jarik bermotif truntum. Untuk blangkon yang digunakan memiliki motif yang sama dengan jarik.

Sementara yang menjadi saksi nikah, dari pihak perempuan adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Turut hadir pula dalam akad nikah ini, Iriana Jokowi, putra sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda.

Penghulu yang mendampingi pernikahan ini yakni Kepala KUA Banjarsari Arba'in Basyar. Dalam pernikahan ini, mahar yang diberikan mempelai laki-laki untuk mempelai perempuan yakni seperangkat alat salat dan jam tangan.

Pesan nikah disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Ia memberikan nasehat pernikahan baginkedua mempelai.  

"Dalam Islam perkawinan itu berlapis-lapis, dalam kitab kuning, perkawinan mempertemukan hal yang berbeda, cita-cita perkawinan untuk menciptakan kebahagiaan," ucapnya.

Dalam acara akad nikah ini, sejumlah tamu undangan hadir dari jajaran para menteri Kabinet Indonesia Maju. Mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga beberapa menteri lainnya turut hadir dalam acara ini.

Rekomendasi