Seperangkat Alat Salat dan Jam Tangan Jadi Mahar Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK, Berapa Harganya?

| 24 May 2022 20:05
Adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (istimewa)

ERA.id - Pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akan dilangsungkan di gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (26/5/2022). Untuk pernikahan ini, Anwar Usman menyiapkan beberapa barang untuk dijadikan maskawin.

”Insyaallah (maskawinnya) seperangkat alat salat dan jam tangan. Tapi kalau (jam tangan) merek apa dan harganya berapa, kami kurang tahu. Sebab yang dicantumkan hanya jenis barangnya saja,” kata Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba’in Basyar saat ditemui di kantornya, Selasa (24/5/2022).

Saat ditanya apakah mahar atau maskawin ini merupakan permintaan dari pihak mempelai wanita, ia tidak menjelaskan secara detail. Namun, biasanya hal ini menjadi hal yang lazim bagi mempelai wanita meminta mahar.

”Saya kurang tahu, tapi di sini tulisannya seperti itu,” katanya.

Terkait dengan prosesi pernikahan, akad nikah akan berlangsung selama sekitar 30 menit. Tahapannya mulai dari pembukaan, penyerahan mas kawin, pembacaan ayat suci Alquran, khotbah nikah, akad nikah, pembacaan sighot taklik.

”Terakhir baru penandatanganan buku nikah, penyerahan buku nikah dan prosesi selesai,” ucapnya.

Sebagai informasi, pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman akan dilangsungkan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Kamis (24/5/2022). Dalam pernikahan ini, Presiden Jokowi bertindak sebagai wali nikah.

Sementara saksinya yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dari pihak perempuan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari pihak mempelai laki-laki.

Rekomendasi