Dulu Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19, Kini Jadi Embarkasi Haji, Asrama Haji Donohudan Boyolali Berbenah

| 30 May 2022 15:19
Dulu Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19, Kini Jadi Embarkasi Haji, Asrama Haji Donohudan Boyolali Berbenah
Wisma Haji Donohudan (Amalia/era.id)

ERA.id - Tahun ini Asrama Haji Donohudan mulai berangkatkan 15.477 calon haji (calhaj) dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama dilakukan 4 Juni 2022 mendatang.

Kepala Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto mengatakan saat ini persiapan jamaah haji sudah hampir selesai. Tercatat tahun ini ada 15.477 calhaj yang diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan.

"Kalau yang dari Jawa Tengah ada 13.776 calhaj, sisanya dari Jogja," kata Bambang saat ditemui di Asrama Haji Donohudan, Boyolali  Senin (30/5/2022). Sebagai informasi jamaah dari DIY ada sebanyak 1.701 calhaj.

Rencananya untuk calon haji akan ditempatkan di gedung Mekah lantai 1, 2 dan 3. Sementara untuk gedung Madinah, hingga saat ini masih digunakan sebagai RS Darurat Covid-19.

"Meskipun pasiennya zero namun statusnya masih untuk RS Darurat Covid-19," katanya.

Untuk sementara gedung Madinah lantai 1, 2, dan 3 digunakan untuk satgas haji. Tahun ini Asrama Haji Donohudan memberangkatkan sebanyak 43 kloter. Kloter pertama dijadwalkan berangkat pada 4 Juni 2022.

"Jadi mereka datang pada 3 Juni. Selama 29 hari kami berangkatkan 43 kloter, selama 14 hari ada 2 kloter dan selama 15 hari 1 kloter," katanya.

Sebelum pemberangkatan, akan dijadwalkan sterilisasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang. Meskipun setiap pekan, yakni tiap hari Jumat ada sterilisasi dan penyemprotan.

"Apalagi saat ini sudah tidak ada pasien. Namun kalau ada pasien lagi, kami kerjasamakan dengan RSUD dr Moewardi. Di sini juga masih ada petugasnya," katanya.

Rekomendasi