Suasana Pakuan Jelang Diberangkatkannya Jenazah Eril ke Pemakaman Cimaung Bandung

| 13 Jun 2022 08:57
Suasana Pakuan Jelang Diberangkatkannya Jenazah Eril ke Pemakaman Cimaung Bandung
Suasana Gedung Negara Pakuan, Rumah Jabatan Gubernur Ridwan Kamil, jelang pengantara jenazah Eril ke pemakaman Cimaung (Anda/ERA.id)

ERA.id - Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, rencana akan dimakamkan pagi ini, Senin (13/6/2022), sekisar pukul 09.00 WIB.

Sejak pukul 07.00, dari pantauan ERA, warga sudah mulai berdatangan dan memadati Gedung Pakuan, Kota Bandung, tempat jenazah Erl disemayamkan.

Terpantau, sekira ratusan orang bersama awak media dalam kawasan Pakuan, berkerumun dekat mobil jenazah. Belum lagi pengunjung yang menanti di luar Pakuan. Terlihat pula lalu lintas sekitar juga macet.

Imbauan polisi

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengimbau kepada masyarakat, kalau hanya kendaraan yang ditempel stiker khusus, yang bisa masuk ke areal pekuburan Cimaung nanti.

Menurutnya, pemasangan stiker itu dilakukan sebagai pembatasan, karena tidak semua kendaraan atau orang bisa masuk ke makam saat proses pemakaman.

"Yang diperbolehkan masuk adalah yang memiliki stiker yang disiapkan oleh panitia," kata Kusworo, Sabtu silam.

Adapun lokasi pemakaman berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 30 kilometer jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dari rumah dinas Ridwan Kamil atau Gedung Pakuan.

Dia mengatakan pihaknya pun bakal menyiapkan sejumlah area parkir di sekitar lokasi pemakaman, guna meminimalisasi gangguan lalu lintas. Namun ia pun memprediksi bakal ada hambatan mobilitas masyarakat ketika adanya proses pemakaman.

Meski begitu, ia pun memastikan pihaknya tidak akan memberlakukan penutupan jalan di sekitar lokasi. Karena pihaknya bakal menyebarkan seratusan personel polisi di berbagai titik persimpangan menuju lokasi pemakaman.

Untuk melihat lebih dekat prosesi pemakaman, Anda bisa menonton siaran langsung ERA di sini.

Rekomendasi